الكلام الخبري وفوائده في مقامة المضيرية لبديع الزمان الهمذاني (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuha, M. Rijaludin ulin (2024) الكلام الخبري وفوائده في مقامة المضيرية لبديع الزمان الهمذاني (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rijaludin Ulin Nuha_A91217117 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rijaludin Ulin Nuha_A91217117 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Kalam Khabari dan Faedahnya dalam Maqamat Mudhiriyah Karya Badiuz Zaman Al-Hamdani". Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis macam-macam kalam khabari serta faedah-faedahnya yang terdapat dalam Maqamat Mudhiriyah. Dua rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana macam-macam kalam khabari yang terdapat dalam Maqamat Mudhiriyah? 2) Bagaimana faedah-faedah kalam khabari yang digunakan dalam Maqamat Mudhiriyah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diambil dari teks Maqamat Mudhiriyah dan dianalisis berdasarkan teori kalam khabari dan faedahnya dalam retorika bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Maqamat Mudhiriyah terdapat berbagai macam kalam khabari, termasuk kalam khabari ibtidai, talabi, dan inkari. Kalam khabari ibtidai mendominasi sebagian besar teks dengan menyampaikan informasi dasar. Selain itu, kalam khabari talabi terdapat 7 kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan permintaan atau harapan, sedangkan kalam khabari inkari terdapat 4 kalimat yang digunakan untuk menolak atau menyangkal sesuatu. Faedah kalam khabari dalam Maqamat Mudhiriyah bervariasi, termasuk faedah al-fakhr wa al-i'jab (kebanggaan dan kekaguman), al-mad (pujian), at-tahsir wa al-hazn (penyesalan dan kesedihan), at-taukid (penegasan), dan al-irsyad (pengarahan). Setiap jenis kalam khabari memiliki peran penting dalam membangun narasi dan menyampaikan pesan penulis dengan efektif. Kesimpulannya, penelitian ini mengungkapkan kompleksitas dan kekayaan retorika dalam Maqamat Mudhiriyah, serta menunjukkan bagaimana Badiuz Zaman Al-Hamdani menggunakan berbagai macam kalam khabari dan faedahnya untuk memperkaya karyanya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut tentang retorika dan sastra Arab klasik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuha, M. Rijaludin ulinrijaludinulinnuha9@gmail.comA91217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: kalam khabari dan faedahnya; maqamat mudhiriyah; badiuz zaman al hamdani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: M. Rijaludin Ulin Nuha
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:59
Last Modified: 05 Jul 2024 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71291

Actions (login required)

View Item View Item