Relevansi pembatalan piala dunia U-20 dengan Politik Elektoral Ganjar dan PDIP: analisis wacana kritis media Okezone.comm, Media Indonesia dan Kompas.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alpama, Rizky (2024) Relevansi pembatalan piala dunia U-20 dengan Politik Elektoral Ganjar dan PDIP: analisis wacana kritis media Okezone.comm, Media Indonesia dan Kompas.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Alpama_10020120061 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizky Alpama_10020120061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Media memiliki peran krusial di negara demokrasi untuk mempengaruhi persepsi publik dan mengubah iklim politik. Penelitian ini membahas wacana media dalam memberitakan fenomena batalnya piala dunia U-20 oleh media Okezone.com dan Media Indonesia menjelang Pemilu tahun 2024 dan relevansinya dengan kepentingan afiliasi politik pemilik media tersebut. Penelitian ini penting dilakukan mengingat pembatalan piala dunia U-20 diduga disebabkan oleh sikap partai politik dan tokoh politik yang berkontestasi pada Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis wacana kritis. Data pada penelitian bersumber dari berita yang diterbitkan oleh Okezone.com dan Media Indonesia dengan tagar #PialaduniaU20 dan #Politik, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Wacana yang dibangun oleh Okezone.com dalam memberitakan pembatalan piala dunia U-20 merupakan sikap penolakan terhadap Timnas Israel oleh Ganjar Pranowo dan PDIP adalah tindakan yang mendukung kemerdekaan Palestina serta tidak memiliki keuntungan elektoral. Sedangkan Media Indonesia membangun wacana bahwa batalnya piala dunia U-20 di Indonesia disebabkan oleh sikap Ganjar Pranowo dan PDIP yang menolak Timnas Israel untuk bermain di Indonesia mengakibatkan piala dunia U-20 batal digelar di Indonesia. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pemberitaan yang dilakukan Okezone.com dan Media Indonesia memiliki relevansi dengan kepentingan politik pemilik kedua media pada Pemilu 2024. Meskipun demikian, pemberitaan tersebut bukan satu-satunya faktor. Sedangkan pada Media Kompas.com pemberitaan cenderung netral dengan wacana berfokus pada peristiwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alpama, Rizkyrizkyalpama2001@gmail.com10020120061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abd--2027067302
Subjects: Media Massa
Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Media; Analisis Wacana Kritis; Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: RIZKY ALPAMA -
Date Deposited: 07 Jul 2024 07:43
Last Modified: 07 Jul 2024 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71320

Actions (login required)

View Item View Item