Pengaruh variasi lama fermentasi dan konsentrasi pupuk organik cair limbah sawi terhadap pertumbuhan tanaman bayam hijau (Amaranthus tricolor L.) dengan teknik hidroponik sistem wick

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamalia, Aqiilah Kalyca (2024) Pengaruh variasi lama fermentasi dan konsentrasi pupuk organik cair limbah sawi terhadap pertumbuhan tanaman bayam hijau (Amaranthus tricolor L.) dengan teknik hidroponik sistem wick. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqiilah Kalyca Tamalia_09040120049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Aqiilah Kalyca Tamalia_09040120049 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bayam hijau merupakan tanaman pangan dengan peminat yang banyak sehingga permintaan bayam hijau di pasaran semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata konsumsi bayam hijau pertahunnya. Namun ketersediaan bayam hijau masih kurang dikarenakan lahan subur untuk pertanian juga semakin berkurang. Permasalahan yang terjadi dapat teratasi dengan adanya inovasi bertanam dengan teknik hidroponik, salah satunya dengan sistem wick. Larutan nutrisi merupakan peran penting dalam bertanam secara hidroponik agar dapat menghasilkan kualitas tanaman yang baik. Sehingga dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan tanaman selama masa pertumbuhan. Saat ini nutrisi yang banyak digunakan yaitu nutrisi anorganik yang mana beresiko merusak tanaman jika digunakan dalam jangka panjang. Alternatif yang dapat digunakan yaitu nutrisi organik yang bisa di produksi sendiri, bahan yang digunakan dapat berupa limbah sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi variasi lama fermentasi dan konsentrasi pupuk organik cair limbah jadi terhadap pertumbuhan bayam hijau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan menggunakan 14 perlakuan dan 4 pengulangan. Pengambilan data hasil tanaman bayam hijau dilakukan pada saat panen (umur 28 HST). Data kemudian dianalis dengan uji One Way anova dan uji lanjutan Pos Hoc DMRT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari berbagai perlakuan terhadap variabel pengamatan pertambahan tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah, dan jumlah klorofil. Akan tetapi, diperoleh perlakuan yang optimal pada perlakuan P3K5 (fermentasi POC 21 hari dan konsentrasi POC 10%) di semua parameter pengamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamalia, Aqiilah Kalycaaqiilah020@gmail.com09040120049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsa.ac.id0705128601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id--
Subjects: Biologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Pupuk Organik Cair; Bayam Hijau; Hidroponik Sistem Wick; Limbah Sawi putih; Lama Fermentasi POC
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Aqiilah Kalyca Tamalia
Date Deposited: 06 Jul 2024 04:27
Last Modified: 06 Jul 2024 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71324

Actions (login required)

View Item View Item