Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurtriasih, Delia (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Delia Nurtriasih_06020420024 OK.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Delia Nurtriasih_06020420024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah dalam matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk melatihkan kemampuan tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari modul ajar dan LKPD. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Uji coba dilakukan di kelas VIII-I MTsN 1 Kota Surabaya yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik catatan lapangan (field note), teknik validasi, teknik angket dan tes. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan dengan catatan lapangan (field note), analisis kevalidan, analisis kepraktisan dengan lembar validasi dan analisis keefektifan dengan angket dan hasil tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Pada proses pengembangan, pada tahap analisis didapatkan data mengenai kurikulum yang digunakan pada MTsN 1 Kota Surabaya kelas VIII yaitu kurikulum merdeka. Pada tahap perancangan, didapatkan rancangan perangkat pembelajaran model PBL dengan Pendekatan STEM, serta lembar validasi untuk menilai perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan, menghasilkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dengan model PBL dengan Pendekatan STEM dan divalidasi. Pada tahap penerapan, menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VIII-I di MTsN 1 Kota Surabaya pada satu pertemuan. Pada tahap evaluasi, didapatkan hasil evaluasi dan hasil olah data untuk mengetahui nilai keefektifan dari perangkat pembelajaran yang diterapkan. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan masing-masing nilai rata-rata total kevalidan modul ajar dan LKPD sebesar 4,4 yang termasuk pada kriteria “sangat valid”. (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan nilai rata-rata modul ajar maupun LKPD adalah A dan B atau dapat digunakan tanpa revisi dan sedikit revisi. (4) Perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis matematis dengan hasil persentase tes yang tergolong tingkat “kritis” ≥ 60%, yaitu sebesar 76%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurtriasih, Deliadelianurtriasih02@gmail.com06020420024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsa.ac.id0007128007
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Model Problem Based Learning; pendekatan STEM; kemampuan berpikir kritis matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Delia Nurtriasih
Date Deposited: 06 Jul 2024 13:40
Last Modified: 06 Jul 2024 13:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71337

Actions (login required)

View Item View Item