Wacana wanita karier dalam meme tafsir analisis wacana kritis pada akun instagram @ukhtiakhiantiselfie

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadia, Feby Audina (2024) Wacana wanita karier dalam meme tafsir analisis wacana kritis pada akun instagram @ukhtiakhiantiselfie. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feby Audina Fadia_07020320038 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Feby Audina Fadia_07020320038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Diskursus wanita karier dalam Islam merupakan hal yang sangat krusial. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa sebaik-baik wanita menetap di rumah agar tidak menimbulkan banyak kemudharatan di luar. Akun Instagram @ukhtiakhiantiselfie salah satunya yang menyampaikan wacana berkaitan dengan eksistensi wanita karier di media sosial. Dalam kelima postingan meme tafsirnya, ukhtiakhiantiselfie menyajikan wacana wanita karier masa kini dengan rujukan al-Qur’an dan hadis serta mengutip pembahasan dari beberapa laman website maupun melalui seorang tokoh agama terkait.Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini akan mengkaji bagaimana analisis wacana kritis wanita karier dalam meme tafsir dari segi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Penelitian ini menggunakan teori wacana kritis Teun A. Van Dijk yang bertujuan mengungkap maksud atau makna tersembunyi di balik teks. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode konten analisis. Hasil dari penelitian, penulis menganalisis wacana wanita karier yang disajikan dalam meme tafsir di Instagram @ukhtiakhiantiselfie dari segi teks di produksi dengan teknik interpretasi tekstualis. Sedangkan analisis dari segi kognisi sosial, pemilik akun cenderung memandang fenomena wanita karier masa kini di media sosial sebagai profesi yang melanggar syariat. Adapun dari segi konteks sosial, wacana wanita karier dalam meme tafsir menunjukkan upaya dominasi ideologi dan peneguhan identitas pemilik akun yang cenderung mendekat pada keyakinan salafi. Penemuan ini menunjukkan adanya kekuasaan dan akses kelompok tekstualis di tengah kondisi kebebasan mengekspresikan praktik keberagamaan yang didukung melalui literatur online maupun offline terkait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadia, Feby Audinafebyauf@gmail.com07020320038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmru, Khobirulkhobirul.amru@uinsa.ac.id202111006
Subjects: Ideologi Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Wanita dalam Islam
Keywords: wanita karier; media sosial; meme tafsir; ukhtiakhiantiselfie
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Feby Feby Audina
Date Deposited: 07 Jul 2024 12:14
Last Modified: 07 Jul 2024 12:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71365

Actions (login required)

View Item View Item