Kontruksi nilai-nilai moderasi beragama di kalangan komunitas punk gang setan movement Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Eva Efita (2024) Kontruksi nilai-nilai moderasi beragama di kalangan komunitas punk gang setan movement Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Efita Maulidah_E02219011.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Eva Efita Maulidah_E02219011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Pengaruh tontonan dan pergaulan remaja saat ini salah satunya yaitu adanya Komunitas Punk yang dianggap sangat meresahkan masyarakat. Terbentuknya komunitas ini disebabkan oleh keadaan dan kondisi yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Dari fenomena tersebut perlu adanya kepercayaan masyarakat terhadap Komunitas Punk agar mereka bisa senantiasa bersosialisasi dengan baik. Komunitas Punk Gang Setan Movement Surabaya ini menarik peneliti untuk mengeksplorasi kehidupan yang berhubungan dengan sebuah fenomena alam dari masyarakat yang membuat sebuah perkumpulan berlandaskan dari budayanya. Tujuan penelitian ini guna melihat bagaimana Komunitas Punk Gang Setan mengkontruksi nilai-nilai moderasi beragama dilingkungannya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (FieldResearch) dengan menggunakan teori Peter L. Berger tentang kontruksi social. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai-nilai moderasi dalam Komunitas Punk Gang Setan terdapat nilai tawasuth (jalan tengah), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus), tasamuh (toleransi). Nilai tawasuth diwujudkan dengan penghargaan sesama makhluk di dunia, meyakini semua manusia memiliki harkat dan martabat tanpa memandang buku, ras, suku, agama, maupun jenis kelamin. Nilai tawazun diwujudkan dengan tergabungnya Komunitas Punk bersama aktivis kerohanian, tetap melaksanakan sholat dan ibadah lainnya sekalipun masih mengkonsumsi alcohol dan mengenakan tatto. Nilai I’tidal terwujud dengan memihak kebenaran, tidak sewenang-wenang, menyuarakan ketidakadilan, dan membantu sesama manusia. Nilai toleransi terwujud dengan sikap kesadaran untuk menghargai, menghormati, membiarkan, dan membolehkan pandangan, pendirian, keyakinan, kepercayaan, serta memberikan keluasan kepada pihak lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Eva Efitaevamaulidah23@gmail.comE02219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kontruksi;nilai; tawasuth; tawazun; i’tidal; tasamuh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Eva Efita Maulidah
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:37
Last Modified: 08 Jul 2024 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71401

Actions (login required)

View Item View Item