Teori maqasid kalimah: studi komparatif pemikiran Badi`uzzaman Sai`id Nursi dan Wasfi `Ashur Abu Zayd

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhasanah, Mifta Hikma (2024) Teori maqasid kalimah: studi komparatif pemikiran Badi`uzzaman Sai`id Nursi dan Wasfi `Ashur Abu Zayd. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mifta Hikma Nurhasanah_07030320099 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mifta Hikma Nurhasanah_07030320099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pendekatan ilmu yang memudahkan untuk memahami maksud Al-Quran adalah ilmu maqas}id, yaitu suatu ilmu yang dibutuhkan ketika ingin memahami Al-Quran dengan sempurna. Dalam ilmu maqasid terdapat beberapa ragam, yaitu maqasidumum, maqasidkhusus (topikal), maqasidsurat, maqasidayat, dan maqasidkalimah yang merupakan ragam terkecil dari maqasid al-Quran. Maqasidkalimah penting untuk dipelajari karena didalamnya menjelaskan tentang maksud sebuah kalimat dalam Al-Quran. Maksud dari kalimat dalam Al-Quran sangat luas hingga menimbulkan perbedaan teori antar cendekiawan, diantara yang membahas tentang maqasidkalimah adalah Badiuzzaman Said Nursi dan Wasfi `Ashur Abu Zayd.Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan menggunakan metode analisis-komparatif. Metode analisis digunakan untuk memaparkan hasil data dengan relevan dan komperehensi, sedangkan komparatif digunakan untuk mengkomparasikan pemikiran kedua tokoh terkait maqasid kalimah. Melalui komparasi teori tersebut, maka akan diperoleh pemahaman lebih mengenai maqasidkalimah al-Quran.Hasil dari analisis yang penulis lakukan, tidak dtemukan persamaan yang spesifik antar teori keduanya, namun ditemukan perbedaan yang mendominasi antar keduanya. Teori maqasidkalimah Badiuzzaman Said Nursi lebih mengarah pada gagasan maqasidal-asasiyyah al-arba`ah (al-tawhid, al-risalah, al-hashr, dan al-`adalah), sedangkan Wasfi `Ashur lebih membahas tiap-tiap kalimah Al-Quran mengandung kesenian sesuai makna yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhasanah, Mifta Hikmamithasyee329@gmail.com07030320099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohammadmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Al Qur'an
Retorika
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Teori; maqasid kalimah; Badi`uzzaman Sa`id Nursi; Wasfi `Ashur Abu Zayd
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mifta Hikma Nurhasanah
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:08
Last Modified: 09 Jul 2024 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71429

Actions (login required)

View Item View Item