Penguatan pendidikan karakter religius dan peduli lingkungan melalui manajemen kurikulum berbasis alam di SD Alam El-Yamien Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Eka Dana Margi (2024) Penguatan pendidikan karakter religius dan peduli lingkungan melalui manajemen kurikulum berbasis alam di SD Alam El-Yamien Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Dana Margi Saputra_D03217013 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Eka Dana Margi Saputra_D03217013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan Melalui Manajemen Berbasis Alam di SD Alam El-Yamien Tuban. Penelitian ini bertujuan menjawab fokus (1) Penguatan Pendidikan Karakter Religius Dan Peduli Lingkungan Melalui Manajemen Berbasis Alam dan (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Penguatan Pendidikan Karakter Religius Dan Peduli Lingkungan Melalui Manajemen Berbasis Alam. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu Pendiri Sekolah, Plt. Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru PJOK. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model analisis Miles Huberman dalam melakukan analisis data dan interpretasi data menggunakan triangulasi dan uji keabsahan data Penguatan pendidikan karakter melalui manajemen berbasis alam di SD Alam El-Yamien adalah melalui perencanaan kurikulum: perumusan kurikulum pelibatan kepala sekolah, pendidik dan wali murid, visi dan tujuan kurikulum yang mengarahkan sekolah pada penanaman karakter religius dan peduli lingkungan. Pengorganisasian kurikulum: dijelaskan dengan pengintegrasian pembelajaran alam dengan PAI, rincian pembagian jam mata pelajaran selama per semester dan kalender pendidikan. Pelaksanaan kurikulum: implementasi perwujudan karakter religius dan peduli ke dalam mata pelajaran, program karakter peduli lingkungan berupa gardening. Kegiatan karakter religius berupa Tilawati, majelis tahfidz, pondok Ramadhan, one day one surah, dan ibadah. Penanaman karakter peduli lingkungan dan religius melalui pembiasaan, praktik dan keteladanan. Evaluasi kurikulum: evaluasi tingkat kelas dan evaluasi tingkat sekolah. Faktor pendukung tersedianya sumber daya, kondisi lingkungan dan dukungan kepala sekolah dan guru. factor penghambat adalah sumber daya manusia yaitu anak dan sarana yang belum maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Eka Dana Margiekadanamargisaputra@gmail.comD03217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter religius; karakter peduli lingkungan; manajemen kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Dana Margi Saputra
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:16
Last Modified: 09 Jul 2024 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71467

Actions (login required)

View Item View Item