Hubungan kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilla, Leonita Nur (2024) Hubungan kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leonita Nur Fadhilla_06040420058.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Leonita Nur Fadhilla_06040420058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematis merupakan faktor penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan aritmetika sosial. Hal ini tidak hanya relevan dalam konteks pendidikan, tetapi juga membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi situasi kehidupan nyata yang memerlukan pemahaman matematis dan kemampuan penyelesaian masalah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) kemandirian belajar terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial; (3) kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Penelitian ini tergolong jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Setiap siswa yang terdaftar di kelas VII SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo menjadi populasi dalam penelitian. Sebanyak 32 siswa dari kelas VII – H yang terpilih secara acak menggunakan teknik random sampling dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tulis. Angket digunakan untuk mengambil data kemandirian belajar siswa dengan menggunakan skala interval antara 1 sampai 10. Sementara tes tulis digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Dengan bantuan software SPSS versi 25, data yang terkumpul kemudian dianalasis menggunakan uji statistik parametrik. Uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda merupakan dua teknik analisis yang digunakan untuk menilai hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemandirian belajar berhubungan terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) yang dihasilkan sebesar 0,844 dan uji signifikansinya didapatkan 8,612 lebih besar daripada t_tabel = 2,04523 yang berarti korelasinya signifikan. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis berhubungan terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) yang dihasilkan sebesar 0,931 dan uji signifikansinya didapatkan 13,954 lebih besar daripada t_tabel = 2,04523 yang berarti korelasinya signifikan. (3) Secara bersama-sama, kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis berhubungan terhadap kemampuan penyelesaian permasalahan aritmetika sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi ganda (R) yang dihasilkan sebesar 0,931 dan uji signifikansinya didapatkan 94,244 lebih besar dari pada F_tabel = 3,330 yang berarti korelasinya signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilla, Leonita Nurleonitanrfadhilla@gmail.com06040420058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Keterampilan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Kemandirian belajar; kemampuan pemahaman konsep matematis; kemampuan penyelesaian aritmetika sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Leonita Nur Fadhilla
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:06
Last Modified: 10 Jul 2024 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71494

Actions (login required)

View Item View Item