Pengorganisasian kelompok PKK berbasis pemanfaatan pekarangan melalui kebun mandiri Di RT 01 RW 07 Dusun Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Sendrika Kusuma (2024) Pengorganisasian kelompok PKK berbasis pemanfaatan pekarangan melalui kebun mandiri Di RT 01 RW 07 Dusun Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sendrika Kusuma Wardani_04020220051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Sendrika Kusuma Wardani_04020220051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang proses pemberdayaan yang dilakukan bersama kelompok PKK dengan memanfaatkan pekarangan kosong di Rt 01 Rw 07 Dusun Gading Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Proses pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam berupa pemanfaatkan pekarangan menjadi kebun mandiri dan memberdayaakan masyarakat agar lebih mandiri dan inovatif. Menggunakan pendekatan berbasis aset atau dikenal dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Proses pendekatan diawali dengan memetakan wilayah, mencari permasalahan yang ada di wilayah tersebut, kemudian menggali potensi serta aset yang ada dalam masyarakat. Strategi yang lebih menekankan pada aset dan kemampuan masyarakat agar bisa memanfaatkan sumber daya alam secara baik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah masyarakat lebih mengerti pentingnya memanfaatkan pekarangan yang ada, masyarakat menjadi lebih inovatif serta mandiri dalam mengola dan memanfaatkan potensi yang ada disekitar mereka, dan adanya kelompok yang mengelola pekarangan kosong tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Sendrika Kusumasendrikakusuma@gmail.com04020220051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Lingkungan Hidup
Masyarakat Islam
Keywords: Pemberdayaan komunitas; PKK; pemanfaatan pekarangan; kebun mandiri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Sendrika Kusuma
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:17
Last Modified: 10 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71500

Actions (login required)

View Item View Item