Tirakat dan transformasi psiko-spiritual santri: studi atsar tirkat Kh. Moh. Yahya Husnan terhadap santri pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Lilik Nur (2024) Tirakat dan transformasi psiko-spiritual santri: studi atsar tirkat Kh. Moh. Yahya Husnan terhadap santri pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Nur Hidayati_07020620035 OK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Lilik Nur Hidayati_07020620035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atsar (signifikansi) tirakat yang dilakukan oleh KH. Moh. Yahya Husnan terhadap transformasi psiko-spiritual santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mardiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tirakat yang diamalkan dan diajarkan oleh KH. Moh. Yahya Husnan memiliki signifikansi dalam transformasi psiko-spiritual santri. Tirakat berfungsi sebagai sarana pembinaan spiritual, transformasi psikologis, dan peningkatan kualitas hubungan interpersonal santri. Mekanisme transformasi psiko-spiritual santri melalui peran tirakat KH. Moh. Yahya Husnan meliputi tahapan pengakuan dan integrasi dimensi spiritual, pengembangan kesadaran, pembersihan jiwa, pengendalian ego, dan kedekatan spiritual dengan Tuhan. Faktor pendukung transformasi psiko-spiritual santri antara lain kepatuhan terhadap kiai, motivasi spiritual, dukungan lingkungan pesantren, dan pembiasaan ritual spiritual. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ego, kemalasan, dan kurangnya kesungguhan. Implikasi transformasi psiko-spiritual terhadap kehidupan santri adalah peningkatan spiritualitas, akhlak mulia, kedisiplinan, dan kemandirian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Lilik Nurliliknur208@gmail.com07020620035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji62@gmail.com2027096201
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Santri
Keywords: Tirakat; Transformasi Psiko-Spiritual; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: lilik nur hidayati
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:49
Last Modified: 09 Jul 2024 20:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71509

Actions (login required)

View Item View Item