Analisis sistem lelang Bandeng Gresik perspektif kesejahteraan ekonomi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridho, Kharisma Aryani (2024) Analisis sistem lelang Bandeng Gresik perspektif kesejahteraan ekonomi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Aryani Ridho_G04219039 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kharisma Aryani Ridho_G04219039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu prinsip utama dalam ekonomi Islam adalah keadilan dalam transaksi. Dalam sistem lelang, prinsip ini berarti memastikan bahwa proses lelang dilakukan secara adil dan transparan, tanpa penipuan atau manipulasi. Semua pihak yang terlibat dalam lelang harus diberi kesempatan yang sama untuk berpartisipasi, dan pemenang lelang haruslah pihak yang memberikan tawaran terbaik sesuai dengan nilai yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelalui pengelolaan bisnis petani tambak Bandeng di Kota Gresik serta dapat menganalisis kesejahteraan petani tambah bandeng di Kota Gresik Berdasarkan Prespektif Imam Al-Ghazali. Jenis Penelitian yang digunakan di penelitian ini adalah penelitian lapangan,yaitu penelitian yang mengambil data – data primer di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang. Di dalam penelitian ini,pendekatan yang digunakan ialah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta – fakta yang ada Berdasarkan analisis sistem lelang ikan hasil petani tambak dari perspektif kesejahteraan ekonomi di pasar Kota Gresik, dapat disimpulkan bahwa Sistem lelang pada kegiatan kontes lelang bandeng Gresik yaitu proses di mana bandeng yang merupakan hasil tangkapan nelayan dilelang kepada pembeli yang tertarik. Kontes lelang bandeng Gresik umumnya dilakukan di pasar ikan atau tempat yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya mengelola bisnis petani tambak dengan berfokus pada prinsip keadilan, kerjasama, dan etika. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan petani tambak dapat mencapai kesejahteraan dalam usaha mereka dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan beretika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridho, Kharisma Aryanikharismaaryani250@gmail.comG04219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pasar Bandeng; Gresik; Kesejahteraan Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kharisma Aryani Ridho
Date Deposited: 28 Jul 2024 07:50
Last Modified: 28 Jul 2024 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71545

Actions (login required)

View Item View Item