Pandangan Khalid Basalamah tentang eksistensi perempuan dalam segmen video 70 kekeliruan wanita perspektif qiraah mubadalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhania, Deby Jarlis (2024) Pandangan Khalid Basalamah tentang eksistensi perempuan dalam segmen video 70 kekeliruan wanita perspektif qiraah mubadalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deby Jarlis Ramadhania_E91217069.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Deby Jarlis Ramadhania_E91217069_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi cara pandang dikotomis antara laki-laki dan perempuan dengan stigma kepada perempuan seperti perempuan hanya boleh berkiprah di wilayah domestik dan berada dalam posisi inferior. Persoalan ini kian menarik dibahas dan salah satu penceramah terkenal dari Indonesia yakni Khalid Basalamah, khususnya dalam segmen video “70 Kekeliruan Wanita”. Dalam penelitian ini akan menyoroti pandangan Khalid Basalamah dalam video tersebut di kanal YouTube-nya terkait eksistensi perempuan. Dari latar belakang tersebut,penulis menggunakan perspektif feminisme dalam Qiroah Mubadalah yang memiliki sudut pandang moderat dan menghasilkan rumusan masalah bagaimana pandangan Khalid Basalamah tentang eksistensi perempuan dalam videonya “70 Kekeliruan Wanita”, dan kemudian akan ditinjau menggunakan perspektif Qiraah Mubadalah yang menjadi tuujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif berbasis library research. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Basalamah dalam segmen video “70 Kekeliruan Wanita” memiliki corak pandangan yang patriarkis dengan pandangan bahwa perempuan berada pada posisi inferior dan subordinat. Hal ini dalam perspektif Qiraah Mubadalah kurang tepat, karena pada dasarnya posisi semua manusia dimata Tuhan itu sama, dan yang membedakannya hanyalah ketakwaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhania, Deby Jarlisdebyramadhania@gmail.comE91217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIslami, Wildah Nurulwildahnurul.islami@uinsby.ac.id198509232020122008
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Fikih
Gender
Keywords: Perempuan; qiraah mubadalah; feminisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Deby Jarlis Ramadhania
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:25
Last Modified: 12 Jul 2024 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71552

Actions (login required)

View Item View Item