Fenomena Japanofilia di Surabaya prespektif hadis: kajian ma’ani al-hadith riwayat Imam Ahmad bin Hanbal nomor indeks 17472

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermanto, Muhammad Fadli (2024) Fenomena Japanofilia di Surabaya prespektif hadis: kajian ma’ani al-hadith riwayat Imam Ahmad bin Hanbal nomor indeks 17472. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fadli Hermanto_07020520050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Fadli Hermanto_07020520050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Japanofilia menjadi fenomena fanatisme yang cukup populer dizaman ini, arti japanofilia yakni seseorang yang memiliki kefanatikan mendalam terhadap budaya Jepang, yang sering kali mencakup elemen-elemen seperti bahasa, makanan, mode, dan hiburan populer. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk membahas fenomena Japanofilia dari perspektif hadis dalam Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis terhadap hadis-hadis yang relevan dengan interaksi budaya dan kefanatikan terhadapa budaya Jepang dengan tiga rumusan masalah. Pertama, Bagaimana Kualiats dan kehujjahan Hadis riwyat Imam Ahmad no. 17472. Kedua, Bagaimana pemaknaan hadis riwayat Imam Ahmad no. 17472. Ketiga, bagaiman implementasi hadis fanatisme terhadap fenomena japanofilia. Penelitian ini meneliti apakah fanatik yang berlebihan terhadap budaya Jepang dapat diinterpretasikan sebagai bentuk fanatisme atau Asabiyyah yang tidak dibenarkan dalam Islam, ataukah sifat fanatisme mereka tidak menyealahi aturan-aturan dalam agama Islam. Metode penelitian melibatkan pengumpulan hadis-hadis yang relevan dari sumber-sumber utama hadis, yakni dalam kitab musnad Imam Ahmad nomor Indeks 17472. Analisis dilakukan untuk mengevaluasi relevansi dan aplikabilitas hadis-hadis tersebut terhadap fenomena Japanofilia dalam masyarakat Muslim kontemporer serta untuk mengetahui bagaimana kualitas dan pemaknaan hadis tentang fanatisme riwayat Imam Ahmad no. 17472. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang batasan-batasan yang ada dalam Islam terkait dengan adopsi atau peniruan budaya asing, serta memberikan panduan bagi individu Muslim dalam menanggapi minat mereka terhadap budaya Jepang. Selain itu, studi ini juga dapat membuka jalan bagi diskusi lebih lanjut tentang bagaimana Islam memandang interaksi dengan budaya asing dalam konteks globalisasi yang semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermanto, Muhammad Fadlifhermanto558@gmail.com07020520050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahimah, Rif'iyatulrifiyafahim@uinsby.ac.id198809192018012001
Subjects: Budaya Islam
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Japanofilia; hadis; Imam Ahmad bin Hanbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Fadli Hermanto
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:47
Last Modified: 15 Jul 2024 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71564

Actions (login required)

View Item View Item