Efektivitas model project based learning terhadap hasil belajar IPA materi hukum Newton Siswa Kelas VIII Di SMP Sabilillah Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmah, Fatmah (2024) Efektivitas model project based learning terhadap hasil belajar IPA materi hukum Newton Siswa Kelas VIII Di SMP Sabilillah Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatmah_D0A219003.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Fatmah_D0A219003_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2027.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMP Sabilillah Sampang pada kelas VII yang sebelumnya menunjukkan nilai PAS rata-rata sebesar 47,65, jauh di bawah nilai KKM sebesar 77. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan, sehingga kegiatan pembelajaran cenderung teacher centered serta kegiatan praktikum yang jarang dilakukan. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang diharapakan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment Design menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Desain penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Sabilillah Sampang Tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang merupakan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, uji N-Gain, dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian yang telah didapatkan, menunjukkan bahwa efektivitas model Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPA materi Hukum Newton. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai post-test hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,000 ≤ 0,05. Peningkatan nilai hasil belajar dengan uji n-gain kelas eksperimen sebesar 66,32 berada pada kisaran tingkat keefektivan efektif, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh mean sebesar 53,89 berada pada kisaran tingkat keefektivan tidak efektif. Keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada lembar observasi aktivitas guru sebesar 81,05% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi hukum Newton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmah, Fatmahfatmah.mistali@gmail.comD0A219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik--2017077402
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Project based learning; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Fatmah Mistali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:45
Last Modified: 11 Jul 2024 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71579

Actions (login required)

View Item View Item