Peran kerajaan Bulgharia Volga dalam penyebaran Islam di Rusia abad X-XIII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najibah, Salwa Huwaidatun (2024) Peran kerajaan Bulgharia Volga dalam penyebaran Islam di Rusia abad X-XIII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salwa Huwaidatun Najibah_03020220067.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Salwa Huwaidatun Najibah_03020220067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Kerajaan Bulgharia Volga dalam Penyebaran Islam di Rusia Abad X-XIII”. Adapun fokus pembahasannya antara lain: 1) Bagaimana sejarah kerajaan Bulgharia Volga sebagai kerajaan Islam pertama di Rusia; 2) Apa faktor pendukung perkembangan Islam di Bulgharia Volga; 3) Peran Bulgharia Volga dalam penyebaran Islam di Rusia.Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, dalam penelitiannya penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) dan masuk ke dalam kategori penelitian “Kualitatif Deskriptif” yang dilakukan dengan cara menelaah dan mengkaji sumber kepustakaan yang telah ada, baik berupa data sumber primer maupun data sumber sekunder.Penelitian ini menggunakan salah satu teori kekuasaan dari Max Weber tentang otoritas kekuasaan tradisional, karena pada dasarnya perkembangan Islam di Bulgharia Volga di awali oleh kepala suku yang mengadopsi Islam sebagai agama negara. Melihat dari judul yang menjadi pokok pembahasan maka penelitian ini juga menggunakan teori peran dari Biddle dan Thomas yang menegaskan bahwa peran seseorang tergantung pada harapan masyarakat yang berada di bawahnya. Untuk menjawab beberapa pokok pembahasan di atas penulis juga menggunakan metode penelitian sejarah(historis) dari Kuntowijoyo yang mencakup: penentuan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Kerajaan Bulgharia Volga di dirikan oleh salah satu putra Kubrat. Kubrat adalah salah seorang keturunan suku Hun yang mendirikan kerajaan Proto-Bulgharia yang beragama Kristen sebelum pada akhirnya dikuasai oleh Khazar Khaganate. Salah satu putra Khan Kubrat yang bernama Kotrag berhasil mendirikan sebuah kerajaan di suatu lembah yang bernama Lembah Volga. Bertahun-tahun berlalu dan lahirlah seorang pemimpin yang bernama Yiltuwar Almus yang mengadopsi Islam sebagai agama negara sehingga berdirilah kerajaan Bulgharia Volga, kedua, Islam mulai berkembang pesat setelah Raja Yiltuwar Almus mengirimkan seorang delegasi dari Bulgharia Volga pada tahun 920 M ke Baghdad untuk menghadap Khalifah Abbasiyah yaitu Khalifah Al-Muqtadir Billah dan memutuskan memeluk agama Islam dan berhasil menjadikan Bulgharia Volga sebagai kerajaan Islam pertama di Rusia di bawah naungan Kekhalifahan Abbasiyah, ketiga, Kerajaan Bulgharia Volga berhasil memperluas daerah kekuasaannya untuk menyebarkan agama Islam sehingga Islam berkembang di Rusia hingga saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najibah, Salwa Huwaidatunsalwahuwaidatun@gmail.com03020220067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Dakwah
Daulah Islam
Ideologi Islam
Keywords: Peran; Bulgharia Volga; Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Salwa Huwaidatun Najibah
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:46
Last Modified: 15 Jul 2024 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71600

Actions (login required)

View Item View Item