Manajemen fundraising lembaga ZIS berbasis organisasi kemasyarakatan Lazisnu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aby, Muchamad Nabil Al (2023) Manajemen fundraising lembaga ZIS berbasis organisasi kemasyarakatan Lazisnu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchamad Nabil Al Aby_G05217018.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muchamad Nabil Al Aby_G05217018_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Berbagai cara untuk menghimpun dana dari masyarakat dilakukan untuk menggerakkan kegiatan organisasi dan juga untuk melakukan pemberdayaan masyarakat. Penghimpunan atau penggalangan dana dalam suatu Organisasi Pengelola Zakat biasa disebut fundraising. Dalam Fundraising, selalu ada proses mempengaruhi, proses ini meliputi kegiatan memberitahukan, mengingatkan, mendorong, membujuk, merayu atau mengiming-imingi masyarakat (muzakki) agar mau melakukan amal kebajikan dalam bentuk penyerahan dana atau sumber daya lainnya yang bernilai untuk disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada saat ini banyak lembaga dan yayasan yang mendirikan lembaga amil zakat dengan lingkup lokal daerahnya masing- masing, semua itu adalah untuk memberikan layanan terhadap masyarakat muslim. Sebagai contoh telah berdiri Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah NU (LAZISNU) di Kecamatan Sidoarjo. Lembaga ini dikelola dibawah naungan NU dan untuk dikecamatan ini baru beroperasi pada awal tahun 2013 yang lalu. Sekretariat LAZISNU ini berada di Jl. Perum Pondok Mutiara, Sumokali, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Secara global, selama beroperasi, LAZISNU ini memiliki perolehan dana yang cukup banyak setiap tahunnya Manajemen Fundraising yang digunakan oleh LAZISNU adalah layanan jemput zakat, mendatangi dari rumah kerumah untuk sosialisasai, dan juga sosialisasi di majelis ataupun perkumpulan organisasi Nahdatul Ulama’, menyebarkan kotak KOIN dan bekerja sama dengan warung, alfamart dan juga indomart Sidoarjo. Untuk menambah jumlah pemasukan di LAZISNU Sidoarjo. Organisasi kemasyarakatan tidak ikut berperan dalam manajemen fundrasing di LAZISNU Sidoarjo, karena LAZISNU mempunyai cabang atau ranting di setiap daerahnya. Cabang atau ranting di setiap kecamatan, memiliki manajemen tersendiri untuk mengelolah Lembaga Amil Zakat agar mendapat donatur maupun muzakki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aby, Muchamad Nabil Alnabilalaby12@gmail.comG05217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsa.ac.id2005098202
Subjects: Manajemen
Wakaf
Zakat
Keywords: Manajemen; fundraising; organisasi kemasyarakatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Unnamed user with email nabilalaby12@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:14
Last Modified: 10 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71658

Actions (login required)

View Item View Item