Optimalisasi perpustakaan digital untuk meningkatkan budaya literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daliya, Maysa (2024) Optimalisasi perpustakaan digital untuk meningkatkan budaya literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maysa Daliya_06040320087 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Maysa Daliya_06040320087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Optimalisasi Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis cara mengoptimalkan layanan perpustakaan digital di MAN 1 Gresik, mendeskripsikan dan menganalisis cara meningkatkan budaya literasi di MAN 1 Gresik, mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi perpustakaan digital untuk meningkatkan budaya literasi di MAN 1 Gresik dan mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat optimalisasi perpustakaan digital untuk meningkatkan budaya literasi di MAN 1 Gresik. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menurut Miles dan Hubberman. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan, Guru tim literasi program literasi, Kepala Madrasah, Wakabid Akademik, Guru dan Siswa. Obyek penelitian ini berlokasikan di MAN 1 Gresik. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Optimalisasi perpustakaan digital di MAN 1 Gresik dilakukan dengan cara meningkatkan pengelolaannya secara profesional yang disesuaikan menurut SOP, menyediakan koleksi digital terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, menyeleksi koleksi digital berdasarkan jenis koleksi (akademik & non-akademik) dan tahun koleksi masuk serta memanfaatkan teknologi digital yang ter-update dalam pelayanan perpustakaan yang didukung oleh aplikasi SLIMS 9 Bulian dan QR code pada Pojok Literasi; (2) Peningkatan budaya literasi di MAN 1 Gresik dilakukan dengan memberikan motivasi melalui pembelajaran di luar kelas, game TTS dan kuis, melaksanakan gerakan membaca one day one juz, menyalurkan ide dan keterampilan dalam bentuk karya tulis (buku, novel, majalah) dan non-tulis (film pendek, aplikasi) sebagai output adanya kelompok literasi, serta memanfaatkan perpustakaan sebagai menunjang kegiatan literasi; (3) Optimalisasi perpustakaan digital untuk meningkatkan budaya literasi di MAN 1 Gresik dilakukan dengan memperkenalkan teknologi digital kepada pengguna melalui acara peresmian madrasah digital, memanfaatkan perpustakaan sebagai media pendukung literasi digital dengan menyediakan koleksi digital yang dapat diakses melalui layanan katalog online pada perpustakaan digital; (4) Faktor pendukung meliputi ketersediaan fasilitas, kestabilan jaringan internet, layanan dari pustakawan yang profesional, adanya penganggaran dana dan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala. Faktor penghambat meliputi kurangnya kesadaran siswa, gangguan jaringan yang tidak bisa diprediksi, serta fitur aplikasi perpustakaan yang masih dalam tahap pengembangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daliya, Maysadaliyamaysa@gmail.com06040320087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Buku > Buku dan Baca
Perpustakaan > Perpustakaan Digital
Keterampilan
Menulis
Budaya
Keywords: Optimalisasi; perpustakaan digital; budaya literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maysa Daliya
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:56
Last Modified: 15 Jul 2024 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71700

Actions (login required)

View Item View Item