Isolasi dan identifikasi bakteri indigenous penghasil enzim xilanase dengan media modifikasi xilan limbah jerami padi (Oryza sativa)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatau, Ade Syafira (2024) Isolasi dan identifikasi bakteri indigenous penghasil enzim xilanase dengan media modifikasi xilan limbah jerami padi (Oryza sativa). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Syafira Fatau_09040120047.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ade Syafira Fatau_09040120047_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Jerami padi sering kali dimanfaatkan hanya sebatas sebagai media pertumbuhan jamur merang, pakan ternak, serta dibakar. Pada dasarnya jerami padi memiliki kandungan lignoselulosa yang melimpah, yakni terdiri atas selulosa sebanyak 32%, hemiselulosa 24%, dan lignin sebesar 13%. Xilan adalah penyusun utama hemiselulosa dan dapat diubah menjadi gula xilitol dengan menghidrolisis xilan menjadi xilosa, selanjutnya dihidrogenasi menjadi gula xylitol dengan menggunakan bantuan enzim. Xilanase adalah enzim yang bersifat ekstraseluler yang memiliki kemampuan menghidrolisis susunan hemiselulosa yaitu xilan menjadi lebih sederhana (xilo-oligosakarida dan xilosa). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi dan identifikasi bakteri indigenous penghasil enzim xilanase dengan media modifikasi xilan jerami padi (Oryza sativa). Penelitian ini bersifat desktiptif kualitatif, dengan terlebih dahulu melakukan pengkayaan sampel tanah dengan jerami padi untuk selanjutnya diisolasi, identifikasi (makroskopik, mikroskopik dan molekular) dan skrining bakteri xilanolitik. Hasil menunjukkan diperoleh 5 isolat bakteri yang bersifat gram positif dan 4 isolat membentuk gram negatif serta beberapa isolat membentuk endsopora sehingga dapat disimpulkan 5 isolat bakteri memiliki kesamaan dengan genus Bacillus sp dan 3 isolat memiliki kesamaan dengan Pseudomonas sp dan 1 isolat memiliki kesamaan dengan Stenotrophomonas. Selain itu 9 isolat bakteri juga membentuk luas zona bening yang berbeda serta dari hasil identifikasi molekular diperoleh 9 spesies bakteri penghasil enzim xilanolitik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatau, Ade Syafiraadsyafiraf@gmail.com09040120047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Thesis advisorKhoiriyah, Romyun Alvyromyun@uinsby.ac.id2027068301
Subjects: Biologi
Keywords: Limbah jerami; xilanolitik; xilanase; substrat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ade Syafira Fatau
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:12
Last Modified: 15 Jul 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71707

Actions (login required)

View Item View Item