Profiling bakteri patogen laboratorium mikrobiologi tingkat Universitas di wilayah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifti, Wifaqwudd az-Zahra (2024) Profiling bakteri patogen laboratorium mikrobiologi tingkat Universitas di wilayah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wifaqwudd Az-Zahra Rifti_09020120042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Wifaqwudd Az-Zahra Rifti_09020120042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manusia menghabiskan 90% hidupnya dalam ruang, kontaminasi udara dalam ruang berpotensi 1000 kali lipat lebih cepat mencapai paru-paru, hingga berdampak pada meninggalnya 2.8 juta (dari 3 juta) orang tiap tahunnya. Salah satu faktor kualitas udara dalam ruang yang baik ditentukan oleh mikroorganisme di udara. Mikroorganisme sebagai konstituen kecil yang tidak diinginkan dapat menjadi kontaminan udara hingga sebagai patogen. Agar mengetahui potensi patogen oleh mikroorganisme, khususnya bakteri dalam laboratorium, identifikasi dapat dilakukan dengan tahap makroskopis, mikroskopis, dan molekular. Identifikasi makroskopis memperlihatkan bahwa ditemukan 301 koloni dari pengamatan makroskopis dan dipilih 17 koloni yang mendominasi dari masing-masing laboratorium, dengan rata-rata suhu saat pengambilan sampel adalah 27.1℃ dan rata-rata kelembaban saat pengambilan sampel adalah 56.37%. Dari hasil uji mikroskopis ditemukan adanya 13 koloni bakteri Gram-positif dan 4 koloni bakteri Gram-negatif. Hasil uji molekular ditemukan bahwa laboratorium mikrobiologi universitas A didominasi oleh bakteri Staphylococcus cohnii, Staphylococcus sciuri, Bacillus atrophaeus, Pseudomonas stutzeri, dan Bacillus velezensis. Laboratorium mikrobiologi universitas B menunjukkan adanya dominasi bakteri Staphylococcus cohnii. Sedangkan, laboratorium mikrobiologi universitas C menunjukkan adanya dominasi dari Janibacter indicus. Laboratorium mikrobiologi universitas D dan universitas E menunjukkan adanya bakteri Pseudomonas stutzeri. Bakteri Bacillus safensis dan Kocuria rhizophila ditemukan mendominasi di laboratorium mikrobiologi universitas F. Laboratorium mikrobiologi universitas G menunjukkan bakteri-bakteri Staphylococcus warneri. Laboratorium mikrobiologi universitas H menunjukkan dominasi oleh bakteri Staphylococcus cohnii, Staphylococcus capitis, dan Bacillus velezensis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifti, Wifaqwudd az-Zahrawifaqwudd.rara@gmail.com09020120042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsa.ac.id199111112019032026
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri patogen; laboratorium mikrobiologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Wifaqwudd Az-Zahra Rifti
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:02
Last Modified: 16 Jul 2024 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71719

Actions (login required)

View Item View Item