Sejarah perjuangan dakwah K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Timur tahun (1934-1997)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprianti, Raini (2024) Sejarah perjuangan dakwah K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Timur tahun (1934-1997). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raini Aprianti_03040220102 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Raini Aprianti_03040220102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertama, KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Maulana Syeikh) lahir di Desa pada tanggal 17 Rabi'ul Awal tahun 1316 H (1898 M), di Bermi, Pancor, Lombok Timur, seseorang yang dikenal sebagai seorang ulama dan tokoh terkemuka di Lombok yang berperan penting dalam pengembangan dakwah, pendidikan, dan nasionalisme Islam, khususnya di Pulau Lombok, NTB. Kedua, kondisi sosial budaya pada masa KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sangat mempengaruhi pendekatan yang digunakan dalam aspek budaya. Dia berhasil mengintegrasikan agama dan praktik budaya lokal ke dalam budaya "NW Islam" yang sangat harmonis. Ketiga, dalam strategi dakwahnya, KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid melakukan berbagai langkah dan upaya. Setelah penyebaran cabang Madrasah NWDI dan NBDI ke desa-desa terpencil di Lombok, dakwahnya diterima oleh berbagai lapisan masyarakat. Untuk memudahkan strategi dakwahnya, KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mendirikan organisasi masyarakat bernama Nahdlatul Wathan (NW), hingga kini memiliki banyak cabang dan mendapat banyak perhatian. penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sejarah awal dalam media dakwahnya,di bidang pendidikan,agama dan sosial budaya. dan menguraikan bagaimana biografi KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. penulis menggunakan metode diakronik, metode diakronik digunakan untuk memberikan analisis yang mendalam dan komprehensif tentang perkembangan dakwah beliau dari waktu ke waktu. Sedangkan untuk pendekatan, penulis menggunakan pendekatan Sejarah, pendekatan Sejarah digunakan untuk mengeksplorasi sejarah perjalanan dakwah KH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari masa ke masa dan Memahami konteks sosial, politik, dan ekonomi yang melingkupi perjuangan dakwah beliau pada berbagai periode waktu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Teori Peran oleh Biddle dan Thomas, teori peran ini berfungsi untuk memberikan Memahami konteks sosial, politik, dan ekonomi yang melingkupi perjuangan dakwah beliau pada berbagai periode waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprianti, Rainiraini.aprianti24@gmail.com03040220102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@uinsa.ac.id2020017503
Subjects: Adab
Adab > Washil bin Atha
Keywords: Sejarah; dakwah; K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Raini Aprianti
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:05
Last Modified: 16 Jul 2024 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71725

Actions (login required)

View Item View Item