Hadis tentang ayah nabi masuk neraka: kajian Ma’anil Hadis, Kitab Shahih Muslim No indeks 203

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatulloh, Hamdan Ali (2024) Hadis tentang ayah nabi masuk neraka: kajian Ma’anil Hadis, Kitab Shahih Muslim No indeks 203. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamdan ali Rahmatullah_07020520039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Hamdan ali Rahmatullah_07020520039 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini kasus ayah Rasulullah Saw masuk neraka mulai mencuat kembali ke permukaan umum, dan mulai diramaikan kembali oleh segelintir orang yang mengaku pengikut manhaj salaf. Mereka dengan semangat dan bahkan merasa tidak berdosa atau bersalah dengan membicarakan ayah Nabi Saw masuk neraka di mimbar-mimbar mereka, majlis taklim, masjid, perkumpulan dan bahkan menyebarkannya melalui lembaran-lembaran atau bulletin dan internet ke khalayak umum tanpa mau melihat perbedaan ulama tentang persoalan ini dan bahkan tanpa memperhatikan adab dengan baginda Nabi Saw. Sejak mulai ulama salaf hingga khalaf, memang telah terjadi perbedaan pendapat di antara mereka. Ada yang berpendapat ayah Nabi masuk surga, ada yang berpendapat sebaliknya yaitu ayah Nabi Saw kafir dan masuk neraka, ada juga yang memilih diam tidak mau berkomentar atas persoalan ‘Khathar’ ini. Namun di antara mereka hanyalah sekedar berijtihad dan berpendapat tanpa adanya saling membid’ahkan dan mengkafirkan satu sama lainnya. Setelah itu mereka lepas dan tak ada yang berani membicarakannya lagi. Dalam penelitian ini penulis membahas hadis tentang ayah Nabi masuk neraka riwayat Imam Muslim nomor Indeks 203 dengan tiga rumusan masalah. Pertama, Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang Ayah Nabi Masuk Neraka di kitab Shahih Muslim No. Indeks 203. Kedua, Bagaimana Pemaknaan hadis di kitab shahih Muslim No. Indeks 203. Ketiga, Bagaimana perdebatan ulama kontemporer tentang hadis ayah nabi Muhammad Saw Masuk neraka dalam kitab Shahih Muslim No. Indeks 203. Penelitian yang dilakukan menggunakan model penelitian kualitatif. Hadis tentang menuduh Ayah Nabi Masuk Neraka riwayat Imam Muslim indeks 203 berstatus shahih Lidzatihi dan hadis ini termasuk hadis Maqbul, dimana hadis tersebut dapat diterima dan dapat dijadikan hujjah. Karena tidak bertentangan dengan al-qur`an, tidak bertentangan dengan hadis lain, dan tidak bertentangan dengan akal sehat. Ayah Rasulullah Saw termasuk Ahlul Fatrah yaitu mereka hidup Sebelum diutusnya seorang Nabi dan seseorang yang hidup di massa tersebut tidak akan mendapatkan siksa di akhirat. Mengatakan bahwa keyakinan/aqidah bahwa kedua orangtua Nabi di neraka termasuk kurang adab terhadap Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatulloh, Hamdan Alihamdangitaris123@gmail.com07020520039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED2005076201
Subjects: Nabi dan Rasul
Nabi Muhammad
Hadis
Keywords: Ayah Nabi; hadis; syarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Hamdan Ali Rahmatulloh
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:14
Last Modified: 15 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71746

Actions (login required)

View Item View Item