Penafsiran Sufistik Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam Al-Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranata, Imam Sufardi (2024) Penafsiran Sufistik Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam Al-Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Sufardi Pranata-07020320045 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Imam Sufardi Pranata-07020320045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pada penafsiran Sufistik Ibnu Qayyim al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam al-Qur'an, mengungkapkan pandangannya yang mendalam terhadap konsep sabar dan pengaruhnya dalam perjalanan spiritual manusia. Artikel ini menyoroti latar belakang akademik, rumusan masalah, metodologi, dan temuan dalam interpretasi Ibnu Qayyim al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam al-Qur'an. Latar belakang akademik menyoroti konteks kehidupan dan pemikiran Ibnu Qayyim al-Jauziyyah sebagai seorang cendekiawan Islam yang sangat dihormati pada masanya. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah memahami pandangan Ibnu Qayyim terhadap makna sabar dalam konteks ayat-ayat al-Qur'an yang merujuk pada konsep tersebut. Metode penafsiran Ibnu Qayyim al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam kitab tafsir al-Qayyim didasarkan pada pendekatan Sufistik yang menggabungkan aspek-aspek hermeneutik dan spiritualitas. Melalui analisis teks, konteks sejarah, dan tradisi Sufi, Ibnu Qayyim menggali makna mendalam dari ayat-ayat yang berbicara tentang sabar. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa Ibnu Qayyim menegaskan bahwa sabar yang paling sempurna adalah sabar Ulul Azmi, yaitu sabar yang diperlihatkan oleh para nabi yang memiliki ketabahan dan kekuatan spiritual yang luar biasa dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Dengan menggali makna-makna simbolis dan spiritual, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah mengajarkan bahwa sabar bukan hanya tentang menahan diri dari reaksi emosional, tetapi juga tentang memperkuat hubungan manusia dengan Allah melalui kesabaran yang tulus dan kuat. Kesimpulannya, penafsiran Sufistik Ibnu Qayyim al-Jauziyyah terhadap ayat-ayat sabar dalam al-Qur'an memberikan wawasan yang dalam dan inspiratif tentang makna dan praktik sabar dalam konteks spiritual Islam, memperkaya pemahaman kita tentang konsep ini dalam kehidupan sehari-hari dan perjalanan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranata, Imam SufardiImamsufardi44@gmail.com07020320045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Sabar; Sufistik; Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Imam Sufardi Pranata
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:23
Last Modified: 15 Jul 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71761

Actions (login required)

View Item View Item