Analisis narasi wacana keislaman Habib Husein Ja’far dalam channel youtube jeda nulis : perspektif wacana kritis Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Putra Maulana Ali (2024) Analisis narasi wacana keislaman Habib Husein Ja’far dalam channel youtube jeda nulis : perspektif wacana kritis Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putra Maulana Ali Fikri_07020120049.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Putra Maulana Ali Fikri_07020120049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dizaman sekarang yang sangat pesat dan sosial media menjadi sarana untuk menguploude semua berita-berita baik dari segi gambar dan video. Sehingga membuka pemikiran baru untuk menyampaikan ajaran keislaman seperti yang dilakukan Habib Ja’far yang menyampaikan nya dengan cara yang gaul dan memiliki ciri khas tersendiri dengan menggunakan kaos dan celana saat menyampaikan ajaran islam. Tidak hanya itu saja kebanyakan orang tertarik untuk mendengarkan dengan apa yang disampaikan terutama pada kalangan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keislaman Habib Ja’far melalui pesan-pesan yang disampaikan dalam setiap konten video yang ada di youtube Jeda Nulis. Memiliki pengaruh di kalangan remaja terkait ajaran islam dan banyak yang termotivasi denga napa yang di jelaskan mengenai hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dan menggunakan teori analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk yang difokuskan pada dimensi teks yang didalamnya memiliki elemen yang berkaitan satu dengan yang lain. Dari hasil penelitian ini diperoleh Secara keseluruhan video yang ada di channel youtube jeda nulis dan juga beberapa video yang dipaparkan oleh penulis bahwasannya merupakan wacana yang mengacu di bidang Syariah, sosial dan ibadah yang mana wacana ini terus berkembang dengan masalah-masalah yang muncul di zaman sekarang. Jika mengacu pada dimensi teks yang dalam video yang ada di channel jeda nulis ini memiliki struktur dan strategi wacana yang dipakai untuk menegaskan tema tentang ajaran keislaman dengan menyampaikan pesan-pesan dan motivasi terkait hukum dan beribadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Putra Maulana Aliputramaul1207@gmail.com07020120049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinmutamakkinbilla@teacheruinsby.ac.id197709192009011007
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Islam
Keywords: Wacana; keislaman; channel youtube jeda nulis; Teun Van Dijk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: putra maulana ali fikri
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:56
Last Modified: 17 Jul 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71767

Actions (login required)

View Item View Item