Analisis hukum Islam kewajiban orang tua terhadap pemenuhan hak anak pada pasangan pernikahan dini: studi kasus di perumahan usaha karya dan wisma tengger Kecamatan Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nur Laily (2024) Analisis hukum Islam kewajiban orang tua terhadap pemenuhan hak anak pada pasangan pernikahan dini: studi kasus di perumahan usaha karya dan wisma tengger Kecamatan Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laily Fauziyah_ 05010120023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Laily Fauziyah_05010120023_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi dari banyaknya kasus kurangnya pemenuhan hak anak pada pasangan pemikahan dini yang mengakibatkan anak tersebut tidak terawat dan terlantar. Penulisan ini menjawab pertanyaan yang dituangkan oleh Penulis dalam dua rumusan masalah, yakni bagaimana pemenuhan hak anak dalam pemikahan dini di Perumahan Usaha Karya dan Wisma Tengger Kecamatan Benowo, Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap hak anak dalam pemikahan dini di Perumahan Usaha Karya dan Wisma Tengger Kecamatan Benowo, Surabaya. Hasil dari analisis menyimpulkan bahwa hak anak pada pasangan pemikahan dini di Perumahan Usaha Karya dan Wisma Tengger masih kurang terpenuhi berdasarkan UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Hal tersebut dikarenakan pihak ayah dalam pemberian nafkah tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, sehinggga hak hidup dan tumbuh kembang, hak kesejahteraan, hak asuh dan cinta kasih belum terpenuhi. Kedua, menurut hukum Islam pemenuhan hak anak pada pasangan pemikahan dini di Kecamatan Benowo Surabaya juga belum terpenuhi karena kurangnya pihak ayah dalam pemberian nafkah, hak kesejahteraan, hak asuh dan cinta kasih belum terpenuhi, namun dalam hak pemenuhan nasab dan hak hidup tumbuh kembang sudah terpenuhi, dikarenakan pemikahan orang tua yang sah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nur Lailynurlailyfauziyah20@gmail.com05010120023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Muflikhatulnurlailyfauziyah20@gmail.com2016047002
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Orang tua dan Anak
Keywords: Hak anak; pernikahan dini
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur Laily Fauziyah
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:22
Last Modified: 17 Jul 2024 01:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71780

Actions (login required)

View Item View Item