Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan web linktree untuk melatih kemandirian belajar Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Defi Febri (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan web linktree untuk melatih kemandirian belajar Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan AMpel Surabaya.

[img] Text
Defi Febri Yanti_06020420022 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (8MB)
[img] Text
Defi Febri Yanti_06020420022.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kemandirian belajar penting dimiliki oleh seseorang situasi dimana orang bisa menjalani aktivitasnya sendiri tanpa adanya keterlibatan orang lain dan dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran matematika. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL dengan pendekatan RME adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP dan E-LKPD. Uji coba ini dilakukan di SMPN 2 Rambipuji dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa pada kelas VIII-E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik observasi, teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru masih menggunakan kurikulum 2013, kemudian dilakukan pembuatan prototipe berupa RPP dan E-LKPD yang selanjutnya diuji cobakan pada siswa kelas VIII-E SMPN 2 Rambipuji. Data dari kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan hasil rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,19 dan rata-rata total kevalidan E-LKPD sebesar 4,0 maka berada pada kategori “valid”. Data kepraktisan RPP maupun E-LKPD dinilai A dan B dengan tanpa revisi dan sedikit revisi oleh validator sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong “praktis”. Selanjutnya, untuk keefektifan perangkat dikatakan efektif jika aktivitas guru dinyatakan sangat baik dengan rata-rata sebesar 92,8%, aktivitas siswa dinyatakan aktif dengan rata-rata sebesar 3,94 dan respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan pemilihan pernyataan Sangat Setuju dan Setuju. Kemandirian belajar siswa berdasarkan hasil angket termasuk dalam kategori “sangat baik” untuk indikator 1,2, dan 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Defi Febridefi220202@gmail.com06020420022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Matematika; Problem Based Learning (PBL); pendekatan Realistic Mathematics Education (RME); web linktree; kemandirian belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Defi Febri Yanti
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:49
Last Modified: 17 Jul 2024 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71808

Actions (login required)

View Item View Item