تطبيق وتحليل التقويم الإعلامي على منهج مرديكا في تعليم اللغة العربية بالمدرسة المتوسطة الدينية الفلاحية توري لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahsan, Abdullah Maulana (2024) تطبيق وتحليل التقويم الإعلامي على منهج مرديكا في تعليم اللغة العربية بالمدرسة المتوسطة الدينية الفلاحية توري لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Abdullah Maulana Ahsan_06040220068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Abdullah Maulana Ahsan_06040220068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peneliti membahas tentang “Implementasi Asesmen Formatif pada Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Diniyah Al-Falahiyah Turi Lamongan”. Penelitian ini bertujuan untuk; Pertama, mendeskripsikan implementasi dan analisis asesmen formatif pada pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka di SMP Diniyah Al-Falahiyah Turi Lamongan. Kedua, mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi asesmen formatif pada pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka di SMP Diniyah Al-Falahiyah Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru bahasa Arab, satu orang waka kurikulum, siswa kelas VII A, VII B, VIII A, dan VIII B. Sengkan sumber data skunder diperoleh dari perangkat pembelajaran seperti instrumen asesmen formatif yang digunakan, modul ajar yang digunakan, Kumpulan nilai siswa, dan dokumen lainnya. Teknik pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses; data condensation, data display, dan conlusion drawing and verification. Hasil dari penelitian ini adalah; 1.) asesmen formatif di SMP Diniyah Al-Falahiyah Turi Lamongan dilakukan selama proses pembelajaran sebagai assessment for learning dengan menggunakan teknik tes baik tulis maupun lisan yang dikombinasikn dengan instrumen rubik. Sedangkan diakhir proses pembelajaran asesmen formatif difungsikan sebagai assessment as learning berupa refleksi pesertadidik dan guru yang dikombinasikan dengan intrumen ceklist. Teknik, instrumen, dan waktu yang digunakan dalam assessment for learning serta assessment as learning sudah sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum Merdeka yang dikeluarkan oleh Pusmenjar. 2021 dan Direktorat KSKKM dan Ditjen Pendis. 2022. Hasil dari assessment for learning difungsikan sebagai nilai harian untuk memantau hasil belajar dan perkembangan siswa dalam belajar. Sedangkan hasil assessment as learning digunakan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Hasil dari assessment for learning juga digunakan untuk menentukan nilai rapor dan sudah sesuai dengan panduan dari Pusmnejar. 2021, akan tetapi tidak sesuai dengan panduan dari Direktorat KSKKM dan Ditjen Pendis 2022. 2.) terdapat dua faktor pendukung implementasi asesmen formatif dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka di SMP Diniyah Al-Falahiyah Turi Lamongan, yaitu; Petama, pesertadidik menyukai refleksi yang diberikan guru. Kedua, sekolah pernah mengadakan pelatihan tentang kurikulum Merdeka dan penilaian dalam kurikulum Merdeka. Adapun faktor penghambatnya adalah pesertadidik lebih menyukai soal pilihan ganda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahsan, Abdullah Maulanaradenzpangupojiwo86@gmail.com06040220068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Bahasa Arab
Guru
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Asesmen formatif; pembelajaran bahasa Arab; kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abdullah Maulana Ahsan
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:51
Last Modified: 21 Aug 2024 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71820

Actions (login required)

View Item View Item