تحليل تدخل اللغة الإندونيسية في اللغة العربية عند المحادثة العربية اليومية للطالبات بمعهد السلام الإسلامي بانجيلان طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Natasya, Sinta (2024) تحليل تدخل اللغة الإندونيسية في اللغة العربية عند المحادثة العربية اليومية للطالبات بمعهد السلام الإسلامي بانجيلان طوبان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Natasya_03040120106 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Sinta Natasya_03040120106.pdf

Download (9MB)

Abstract

Interferensi bahasa adalah ketika seseorang menggabungkan dua bahasa atau lebih dalam satu bahasa. Diketahui juga bahwasanya interferensi bahasa merupakan pendekatan antara bahasa yang unsur-unsurnya berasal dari beberapa bahasa, yang masing-masing bahasa tersebut telah melepaskan fungsinya dan menunjang fungsi bahasa tersebut secara berangsur-angsur. Interferensi bahasa sebagai salah satu kebiasaan kebahasaan yang terjadi dalam percakapan sehari-hari santriwati di pondok pesantren as-salam. Sebab santriwati menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris. Disana, para santriwati mengintegrasikan unsur-unsur bahasa indonesia kedalam bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk interferensi bahasa indonesia terhadap bahasa arab yang digunakan oleh santriwati di lingkungan pondok pesantren yang sehari-hari mengamalkan ilmu bahasa arabnya dan bertujuan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi interferensi bahasa terhadap percakapan santriwati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi kepada santriwati, pengurus dan guru disalah satu pondok pesantren As-Salam Bangilan Tuban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa arab yang digunakan santriwati di pondok pesantren As-Salam Bangilan Tuban banyak dipengaruhi oleh bahasa indonesia. Dengan demikian interferensi tersebar pada beberapa aspek seperti fonologi, morfologi dan sintaksis. Pengurus dan guru berusaha meminimalkan berbagai bentuk ganguan berbahasa dengan melakukan kegiatan percakapan secara rutin, mengajarkan tata bahasa arab dan meminta santriwati menghafal kosa kata bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Natasya, Sintasintanatasya55@gmail.com03040120106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Indonesia
Sosiologi
Keywords: Interferensi; bahasa Indonesia; bahasa Arab; pondok Assalam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sinta Natasya
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:15
Last Modified: 16 Jul 2024 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71828

Actions (login required)

View Item View Item