Gaya komunikasi pendidik dalam memberikan motivasi hafalan Santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren An Nawawy Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Leily Indah (2023) Gaya komunikasi pendidik dalam memberikan motivasi hafalan Santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren An Nawawy Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leily Indah Faizah_02040821013 OK.pdf

Download (601kB)
[img] Text
Leily Indah Faizah_02040821013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah pada tesis ini terdiri dari: Pertama, bagaimana gaya komunikasi ustadz atau ustadzah terhadap santri tahfidzul Qur’an di pondok pesantren An Nawawy. Kedua, apa saja dampak dari gaya komunikasi ustadz atau ustadzah terhadap motivasi hafalan santri tahfidzul qur’an di pondok pesantren An Nawawy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan study kasus dengan melibatkan pengasih / Pimpinan, 3 Ustadz atau ustadzah dan 3 Santri. Teknik analisis dengan cara reduksi data dan penyajian data. Sumber data dalam tesis ini terdapat diantaranya sumber primer dari hasil observasi dan wawancara dilapangan dan sumber sekunder dari berbagai referensi seperti jurnal dan lain sebagainnya. Hasil dari penelitian ini diantaranya sebagai berikut. Pertama terdapat dua macam gaya komunikasi yang digunakan oleh ustadz dan ustadzah program tahfidz di pondok pesantren An-Nawawy. Gaya komunikasi yang digunakan adalah gaya komunikasi assertive dan gaya komunikasi agresive. Kedua gaya komunikasi yang digunakan oleh ustadz dan ustadzah ini juga berdampak pada motivasi santri dalam menghafalkan al-Qur’an, menjadikan santri lebih tenang dalam proses menghafal al-Qur’an. Santri menjadi lebih terbuka dengan ustadznya. Gaya Komunikasi kedua agresive menjadikan santri sadar akan tanggung jawab dan konsekuensi yang harus mereka perhatikan dalam menghafalkan al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Leily Indahleilyindah99@gmail.com02040821013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorkusaeri, kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSyaifuddin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Santri
Keywords: Gaya Komunikasi Pendidik; Motivasi Hafalan; Tahfidzul Qur’an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Leily Indah Faizah
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:09
Last Modified: 18 Jul 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71852

Actions (login required)

View Item View Item