Psikologi tokoh dalam novel Cahaya di Bawah Cahaya Karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas dan Asma Nadia: kajian psikologi sastra David Krech

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nilasari, Nur Tsuroyyah (2024) Psikologi tokoh dalam novel Cahaya di Bawah Cahaya Karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas dan Asma Nadia: kajian psikologi sastra David Krech. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Tsuroyyah Nilasari_A04218020 OK.pdf

Download (940kB)
[img] Text
Nur Tsuroyyah Nilasari_A04218020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (920kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada aspek psikologi yang muncul pada novel Cahaya di Bawah Cahaya karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas dan Asma Nadia. Aspek psikologi tersebut menggambarkan tingkah laku serta emosi yang membentuk karakter dalam diri tokoh. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan serta menganalisis aspek psikologi dalam novel Cahaya di Bawah Cahaya yang mengandung klasifikasi emosi tokoh dan konflik-konflik yang terjadi karena adanya emosi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori klasifikasi emosi David Krech, yang mana Krech mengklasifikasikan emosi menjadi tujuh, yaitu rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, kesedihan, rasa malu, kebencian dan juga rasa cinta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pustaka dan baca catat. Data penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat yang mengandung unsur klasisifikasi emosi dalam novel Cahaya di Bawah Cahaya karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas dan Asma Nadia. Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kasifikasi emosi pada novel Cahaya di Bawah Cahaya karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas dan Asma Nadia diperoleh 3 rasa bersalah, 3 menghukum diri sendiri, 2 rasa malu, 5 kesedihan, 3 rasa cinta. Adapun konflik yang terjadi yaitu, 1 konflik internal (batin) dan 2 konflik eksternal (fisik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nilasari, Nur Tsuroyyahtsuroyyah29@gmail.comA04218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Konflik sosial
Psikologi
Sastra
Keywords: Psikologi Sastra; Novel Cahaya di Bawah Cahaya; David Krech
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Tsuroyyah Nilasari
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:35
Last Modified: 17 Jul 2024 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71857

Actions (login required)

View Item View Item