Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan ffektifitas program di pendidikan non formal Kampoeng Sinaoe Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfikar, Muhamad Thoifur (2024) Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan ffektifitas program di pendidikan non formal Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Thoifur Zulfikar_06040320090 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhamad Thoifur Zulfikar_06040320090 Full.pdf
Restricted to Registered users only until 21 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Efektivitas Program di Pendidikan Non Formal Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai partisipasi masyarakat di kampoeng sinaoe Sidoarjo, peningkatan efektivitas program pendidikan kampoeng sinaoe Sidoarjo, partisipasi masyarakat dalam meningkatkan efektivitas program di pendidikan non formal kampoeng sinaoe Sidoarjo. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala sekolah kampoeng sinaoe Sidoarjo, Guru Kampoeng sinaoe Sidoarjo dan masyarakat. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik triangulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukan (1) Partisipasi masyarakat Kampoeng Sinaoe Sidarjo mempunyai beberapa aspek yaitu: Keterlibatan dalam pengambilan keputusan, keterlibatan dalam pelaksanaan, keterlibatan dalam kemanfaatan dan keterlibatan dalam pengevaluasian. (2) Peningkatan efektivitas program di pendidikan non formal Kampoeng Sinaoe Sidoarjo melalui beberapa tahapan yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. (3) Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan efektivitas program di pendidikan non formal Kampoeng Sinaoe Sidoarjo meliputi : (a) Kritik, saran, dan umpan balik (b) Pengawasan dan pemantauan (c) Pemberian dukungan sumber daya (d) Penyebaran Informasi (e) Kerja sama dalam pelaksanaan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfikar, Muhamad Thoifurzulfikarizul42@gmail.com06040320090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen Pendidikan
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Partisipasi masyarakat; efektivitas; pendidikan non formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Thoifur Zulfikar
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:30
Last Modified: 21 Jul 2024 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71864

Actions (login required)

View Item View Item