تحقيق النص في مخطوطة إسناد دعاء الاستغفار:وصف و تحرير و تصحيح

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfy, Muhammad Anwar Hidayat (2024) تحقيق النص في مخطوطة إسناد دعاء الاستغفار:وصف و تحرير و تصحيح. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Anwar Hidayat Lutfy_03010120018 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Anwar Hidayat Lutfy_03010120018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam Al-qur'an Allah seringkali menyebutkan pentingnya belajar dari apa yang sudah terjadi melalui kisah yang diceritakan. Misalnya dalam Surat Yusuf ayat 11 dikatakan bahwa ada pelajaran bagi orang yang mau berpikir akan suati kisah. Hal ini mendorong peneliti untuk mencoba menelaah sumber kisah masa dahulu untuk menjadi kajiannya. Sumber tersebut berupa manuskrip. Manuskrip saat ini banyak disimpan diperseorangan maupun lembaga. Diantaranya yaitu Pondok Tegalsari Ponorogo. Disana terdapat banyak manuskrip disinyalir karena pada masa lampau daerah ini mampu memproduksi kertas sendiri disebut kertas gedog. Atas keunikan inilah peneliti ingin mengetahui apa saja yang tersisa dari masa kejayaan tersebut. Akhirnya peneliti menemukan manuskrip yang berjudul "Isnadu Dua'i al Istighfari". Karena kondisinya masih bagus dan mudah untuk dimengerti peneliti dipilihlah manuskrip ini sebagai objek.Manuskrip ini akan dikaji peneliti dari segi pendeskripsiannya lalu penyuntingannya kemudian pembenaran kesalahan yang ada pada teks manuskrip tersebut. Kemudian dalam penelitiannya ini peneliti memfokuskan penelitiannya untuk berbentuk atau bersifat kualitatif. Penelitian ini mengkolaborasikan penelitian analisis kesalahan dan penelitian filologis sebagai penunjang dalam mengupas manuskrip yang dikaji. Data yang diolah berupa kata maupun kalimat dalam teks tersebut. Diantara hasil penelitian ini yaitu pada pendeskripsiannya diketahui bahwa manuskrip ini telah berumur sekitar 108 tahun. Ditulis dengan huruf hijaiyah dengan bahasa Arab dan Jawa. Ditemukan kesalahan penulisan dengan kesalahan terbanyak di bidang 'Imla yaitu pada 130 tempat. Kemudian kesalahan penulisan yang tidak sesuai kaidah penulisan huruf arab sebanyak 82 tempat. Kesalahan gramatika sebanyak 36 tempat, kesalahan morfologis 13 tempat dan kesalahan makna sebanyak 10 tempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfy, Muhammad Anwar Hidayatmanwarhl99@gmail.com03010120018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal-2006067901
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Bahasa Arab
Doa dan Zikir
Manuskrip
Keywords: Manuskrip; teks
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Anwar Hidayat Lutfy
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:05
Last Modified: 19 Jul 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71875

Actions (login required)

View Item View Item