Mental health perspektif Tafsir Lataif al Isharat karya al Qushairi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Insan Nauval (2024) Mental health perspektif Tafsir Lataif al Isharat karya al Qushairi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Insan Nauval Azhar_07020320047_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Insan Nauval Azhar_07020320047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Isu Mental Health dewasa ini sudah menjadi pembicaran yang hangat, isu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para ilmuan sebab jika dibiarkan dapat menjadi momok bagi generasi berikutnya, Sehingga banyak penelitian yang membahas terkait dengan isu mental health ini. Fokus pada penelitian ini ialah mencari pemahaman konsep mental health dari sudut pandang tafsir sufi. Maka memlalui penelitian ini nantinya akan menjelaskan bagaimana penafsiran Al-Qur’an tentang mental health dari mufassir yang pendekatan tafsirnya menggunakan corak sufistik, namun penelitian ini hanya fokus pada satu kitab tafsir sufi yakni Lat}oif Al-Isyarat. Melalui metode analisis-deskriptif, penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan (library research) dalam menganalisa konsep mental health, dimana sumber utama informasi diambil dari penjelasan para ahli tafsir dalam berbagai kitab tafsir, dan sumber sekunder melibatkan buku-buku yang relevan dengan topik penelitian. Informasi yang telah terkumpul selanjutnya diproses menggunakan metode tematik, yaitu metode yang mengumpulkan dan menganalisis ayat-ayat terkait untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan menghasilkan konsep komprehensif dalam Al-Qur'an mengenai isu yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran Al-Quhairi> terhadap ayat-ayat mental health dapat memberikan penjelasan bagaimana konsep mental health dari sudut pandang tafsir sufi, dan juga meberikan penjelasan bahwa dari keimanan dan ketaatan yang tulus dalam hati seseorang memilki peran pada teraihnya Kesehatan mental seseorang. Sebab dengan keimanan dan ketaatan yang tulus dapat memenuhi empat indikator konsep mental health, empat indikator tersebut ialah, kemampuan mengelola stress, kemampuan beradaptasi, bermanfaat bagi lingkungan sekitar, memilki perasaan Bahagia, pandangan hidup sehat dan ketenangan tanpa adanya rasa was-was.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, Insan Nauvalinsannauvalazhar@gmail.com07020320047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinmakinbill77@yahoo.co.id2019097701
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mental health; Latoif al Isyarat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: insan azhar
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:38
Last Modified: 19 Jul 2024 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71910

Actions (login required)

View Item View Item