Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani gangguan belajar siswa ADHD di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Riza Qurrotul (2009) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani gangguan belajar siswa ADHD di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami gangguan ADHD. Maksudnya siswa yang mengalami gangguan pemusatan perhatian atau tidak mampu berkonsentrasi dalam proses pembelajaran, oleh karena itu seorang guru sangat berperan untuk menyusun dan menentukan cara mengajar siswa, khususnya siswa yang mengalami ADHD secara baik, dalam berbagai tahapan perkembangan anak, sehingga siswa mampu bersikap disiplin dan bertanggung jawab, serta berakhlak mulia. Dalam skripsi ini, penulis akan membahas tentang upaya-upaya atau usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani gangguan belajar ADHD yang dialami oleh siswa di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo, dengan dua rumusan masalah sebagai berikut : 1) bagaimana bentuk-bentuk gangguan belajar siswa ADHD di SDN I banjar Kemanten ?, 2) bagiamana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani gangguan belajar siswa ADHD di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang (informan) dan perilaku yang diamati. Dengan menggunakan data interview, observasi dan dokumentasi. Dalam analisa kualitatif ini penulis terjun langsung kelapangan untuk mempelajari suatu proses atau penulisan secara alami, mencatat, menganalisa, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari prosestersebut.Hasil penelitian ini adalah merupakan jawaban dari rumusan masalah yang menghasilkan bahwa : 1) bentuk-bentuk gangguan belajar yang nampak pada siswa di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo adalah tidak mampu memusatkan perhatian atau tidak fokus, menentang, tidak sadar dan usil serta intelektual yang rendah, dimana bentuk-bentuk ini merupakan bagian dari bentuk ADHD inklusif, inatentif dan hiperaktif. 2) upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani gangguan belajar ADHD pada siswa di SDN I Banjar Kemanten Buduran Sidoarjo adalah dengan menggunakan modifikasi perilaku dan keterampilan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Riza Qurrotul--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Gangguan Belajar ADHD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 09 Oct 2018 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item