Studi komparasi model problem based learning berbasis kearifan lokal berbantuan majalah interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan Siswa SMPN 3 Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Dwi (2024) Studi komparasi model problem based learning berbasis kearifan lokal berbantuan majalah interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan Siswa SMPN 3 Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Safitri_06011020001 OK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Dwi Safitri_06011020001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang bervariasi dan tidak memadai dalam melatih kemampuan berpikir kritis, khususnya pada topik zat aditif dan zat adiktif. Selain itu, kurangnya fasilitas pendukung dalam pembelajaran IPA turut berkontribusi terhadap masalah ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal bantuan majalah interaktif, dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SIKL dan SMPN 3 Krian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan posttest only control group design, yang melibatkan dua kelompok kelas eksperimen tanpa pretest. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SIKL dan SMPN 3 Krian, dan teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih kelas eksperimen secara acak. Kelas VIII A di SIKL dan kelas VIII E di SMPN 3 Krian dipilih sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui, observasi, angket, dan tes, yang kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal efektif diterapkan, dengan skor rata-rata observasi guru dan siswa sebesar 3,8 yang dikategorikan sangat baik. Kemudian, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa di kedua sekolah setelah penerapan model ini. Nilai posttest kemampuan berpikir kritis siswa SIKL dan SMPN 3 Krian masing-masing menunjukkan nilai sig 0,489 > 0,05 dan 0,487 > 0,05, yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, dapat diartikan tidak terdapat perbedaan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dari kedua sekolah setelah penerapan model tersebut, dan jika dilihat hari nilai mean dari kedua sekolah, keduanya berada pada kategori kemampuan berpikir kritis sangat tinggi. Pada hasil respon siswa berada pada skor tertinggi 3 dan 4 dengan kategori baik dan sangat baik, hal ini dapat di artikan bahwa, pembelajaran dan media yang digunakan mendapatkan respon positif dari siswa kedua sekolah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Dwidwifitrisa111@gmail.com06011020001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com2004117403
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Problem Based Instruction
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Keywords: kemampuan berpikir kritis; kearifan lokal; majalah interaktif; problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Dwi Safitri
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:26
Last Modified: 22 Jul 2024 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71963

Actions (login required)

View Item View Item