Dominasi Budaya Patriarki pada Kanal Youtube Najwa Shihab: perspektif Feminisme Qasim Amin)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurul, Fadia (2024) Dominasi Budaya Patriarki pada Kanal Youtube Najwa Shihab: perspektif Feminisme Qasim Amin). Undergraduate thesis, UINSA.

[img] Text
Nurul Fadia 07040120085 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Fadia 07040120085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai budaya patriarki yang masih dianggap lazim boleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya diskriminasi terhadap perempuan karena masyarakat Indonesia masih belum sadar atas kesetaraan gender. Di Indonesia terdapat tokoh feminis Najwa Shihab yang menyuarakan gerakan feminisme melalui konten youtube bertema susahnya jadi perempuan. Konten ini dikemas sangat menarik yang membahas tentang dominasi budaya patriarki di Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis ingin menjawab dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana dominasi pada konten youtube catatan Najwa susahnya jadi perempuan. Kedua, bagaimana perspektif feminisme Qasim Amin mengenai dominasi patriarki pada konten youtube Najwa Shihab. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif terhadap konten youtube Najwa Shihab. Penelitian ini menggunakan pendekatan Qasim Amin karena sebagai tokoh maskulin yang telah memperjuangkan hak-hak perempuan dan berpengaruh pada gerakan pembaharuan atas kesetaraan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominasi budaya patriarki mempengaruhi berbagai aspek kehidupan perempuan sebagaimana pemaparan dari narasumber dalam konten catatan Najwa: yaitu Nadiem Makarim, Tompi, Reza Rahardian dan Ari Kriting. Keempat narasumber memiliki cara pandang yang berbeda tentang dominasi budaya patriarki, mulai dari pengaruh keluarga ke cara pandang laki-laki terhadap perempuan hingga perkosaan dalam perkawinan. Adapun pandangan Qasim Amin tentang dominasi patriarki pada konten youtube Najwa Shihab bisa dilihat dari tiga aspek. Aspek pertama pendidikan yaitu berkaitan dengan pengaruh keluarga ke cara pandang laki-laki terhadap perempuan dan mengejar standar kecantikan, Kedua aspek pemakaian hijab berkaitan dengan soal keperawanan dan kekerasan seksual dan ketiga aspek hukum keluarga berkaitan dengan gaji istri lebih tinggi dan perkosaan dalam perkawinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurul, Fadiafadyanurul7@gmail.com07040120085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDWildah Nurul, Islamiwildah.nurul.islami@uinsa.ac.id198509232020122008
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Budaya Islam > Haul
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Patriarki; Feminisme; Gender; Qasim Amin; Najwa Shihab
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nurul Fadia
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:18
Last Modified: 18 Jul 2024 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71972

Actions (login required)

View Item View Item