Analisis perbandingan karakteristik mikroplastik yang ditemukan pada ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) di TPI Sendang Biru, Malang dan TPI Brondong, Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Nadia Putri (2024) Analisis perbandingan karakteristik mikroplastik yang ditemukan pada ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) di TPI Sendang Biru, Malang dan TPI Brondong, Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Putri Anggraeni_09020420035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadia Putri Anggraeni_09020420035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Bioakumulasi dan biomagnifikasi ikan yang terpapar mikroplastik akan membahayakan kesehatan tubuh seiring berjalannya waktu apabila tertelan oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tipe mikroplastik dan mengetahui jumlah mikroplastik, konsentrasi serta polimer mikroplastik yang ditemukan pada daging, usus dan insang ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) yang diperoleh dari TPI Sendang Biru, Malang dan TPI Brondong, Lamongan. Pengujian mikroplastik pada ikan cakalang menggunakan larutan KOH 30% untuk mendestruksikan bahan organik dan diberi larutan NaCl jenuh untuk memisahkan bahan organik dengan mikroplastik dan disaring menggunakan kertas whatman dengan vacuum pump, kemudian di identifikasi mikroplastik menggunakan mikroskop stereo dengan perbesaran 4× dan dilakukan uji FTIR polimer. Bentuk mikroplastik yang ditemukan pada organ daging, usus, dan insang di TPI Sendang Biru, Malang dan TPI brondong, Lamongan yaitu fragmen, fiber, film, foam dan granule. Warna mikroplastik yang ditemukan yaitu warna hitam, merah, kuning, biru, abu-abu, cokelat, hijau, oranye, ungu, dan putih/bening. Kelimpahan ditemukan pada lokasi TPI Sendang Biru, Malang dan TPI Brondong, Lamongan dengan kelimpahan berturut-turut sebesar 296 partikel dan 270 partikel. Akumulasi konsentrasi mikroplastik yang diperoleh TPI Sendang Biru lebih tinggi dibandingkan dengan TPI Brondong Lamongan dengan total konsentrasi berturutturut 5.25 partikel/gr dan 4.83 partikel/gr. Polimer yang didapatkan yaitu Polypropylene (PP), High density polyethylene (HDPE), Low density polyethylene (LDPE), PMMA (polymethyl methacrylate), nylon (all polyamides), PS (polystyrene) dan polythylene terephthalate (PET).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Nadia Putrinadiaanggraeni349@gmail.com09020420035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Mikroplastik; Ikan Cakalang; Tpi Sendang Biru; Tpi Brondong; FTIR
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nadia Putri Anggraeni
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:56
Last Modified: 24 Jul 2024 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71989

Actions (login required)

View Item View Item