Manajemen pembelajaran pada kurikulum merdeka dalam memfasilitasi minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Dewi Tsamrotul (2024) Manajemen pembelajaran pada kurikulum merdeka dalam memfasilitasi minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Tsamrotul Amalia_06010320006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dewi Tsamrotul Amalia_06010320006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajamen pembelajaran pada kurikulum merdeka dalam memfasilitasi minat belajar siswa, minat belajar siswa di MAN 2 Kota Kediri, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran dalam memfasilitasi minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian dari penelitian ini, yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru kelas X, guru kelas XI, siswa kelas X, siswa kelas XI. Teknik anallisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kriteria keabsahan data mencakup credibility, transferability, dependability, conformability, dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu manajemen pembelajaran di MAN 2 Kota Kediri dimulai dengan perencanaan, guru menganalisis kebutuhan siswa dengan mengidentfikasi tingkat kemampuan awal, guru menyiapkan modul ajar sesuai dengan kondisi minat belajar siswa yang beragam. Pada tahap pengorganisasian pembelajaran, terdapat pengorganisasian jam pelajaran dan pengelompokan fleksibel. Jam pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pengelompokan fleksibel dibentuk berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran dalam memfasilitasi minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan pembelajaran diferensiasi. Pada pelaksanaan pembelajaran juga ada kalanya guru menerapkan pembelajaran teman sebaya. Evaluasi pembelajaran dalam memfasilitasi minat belajar siswa di MAN 2 Kota Kediri dengan memastikan kurikulum sesuai dengan standar nasional dan kebutuhan siswa, hasil belajar siswa dapat dievaluasi dengan penliaian portofolio. Minat belajar siswa di MAN 2 Kota Kediri cukup bervariasi. Ada beberapa siswa yang menunjukkan minat yang tinggi sementara yang lain kurang berminat. Faktor mendukung manajemen pembelajaran dalam memfasilitasi minat siswa yaiti metode pengajaran yang bervariasi, lingkungan belajar yang mendukung, pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu pembelajaran, Jumlah siswa yang banyak dan cara mengajar guru yang monoton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Dewi Tsamrotuldewitsamrotul@gmail.com06010320006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Belajar
Manajemen Pendidikan
Minat Siswa
Keywords: Manajemen pembelajaran; kurikulum merdeka; memfasilitasi minat siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dewi Tsamrotul Amalia
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:57
Last Modified: 22 Jul 2024 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72014

Actions (login required)

View Item View Item