Pengorganisasian masyarakat melalui pengembangan kapasitas pengrajin kerupuk puli sebagai wujud Dakwah Bil Hal di Dusun Bioro, Kedungrejo, Jabon, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salfadhillah, Yunita (2024) Pengorganisasian masyarakat melalui pengembangan kapasitas pengrajin kerupuk puli sebagai wujud Dakwah Bil Hal di Dusun Bioro, Kedungrejo, Jabon, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Salfadhillah_04020220056 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yunita Salfadhillah_04020220056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pendampingan pengrajin kerupuk puli di Dusun Bioro, Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Dengan membangun kesadaran akan adanya potensi yang dimiliki dapat menghasilkan manfaat bagi pengrajin kerupuk puli maupun masyarakat. Aset yang pada awalnya belum disadari dan dikembangkan dengan baik sekarang dapat meningkatkan inovasi, kreasi, bahkan pendapatan. Pendekatan perspektif ABCD (Asset Based Community Development) digunakan untuk mendampingi komunitas selama proses pengorganisasian. Pendekatan ini memanfaatkan aset dengan sebaik-baiknya untuk mencapai perubahan yang lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik transek, wawancara dan FGD. Analisis data menggunakan triangulasi dan skala prioritas. Hasil dari proses pengorganisasian dengan melakukan pengembangan kapasitas pengrajin kerupuk puli ini mampu menambah pengetahuan dan kemampuan pengrajin kerupuk puli sendiri. Adanya upaya pengembangan kapasitas juga menyadarkan masyarakat akan aset yang mereka miliki dan mereka dapat memanfaatkan aset tersebut dengan baik. Proses pengorganisasian yang telah dilakukan sejalan dengan konsep dakwah bil hal dimana masyarakat Dusun Bioro telah melakukan berbagai usaha untuk mengembangkan kapasitas mereka yang bertujuan untuk bergerak menuju perubahan yang lebih baik demi kesejahteraan bersama sebagaimana yang disebutkan dalam Q.S An-Nahl ayat 125.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salfadhillah, Yunitaysalfadhillah@gmail.com04020220056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Kesadaran Aset; Pengembangan Kapasitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: YUNITA SALFADHILLAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:42
Last Modified: 22 Jul 2024 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72015

Actions (login required)

View Item View Item