Analisis pengendalian kualitas limbah industri di pabrik gula menggunakan Metode Diagram Kendali Generalized Variance dan T² Hotelling

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Isna (2024) Analisis pengendalian kualitas limbah industri di pabrik gula menggunakan Metode Diagram Kendali Generalized Variance dan T² Hotelling. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isna Hamidah_09010220006 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Isna Hamidah_09010220006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dunia industri tidaklah lepas dari masalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah yang dihasilkan. Jika limbah tersebut tidak ditangani dengan baik dan dibuang sembarangan, maka akan berdampak buruk pada lingkungan sekitarnya. Limbah cair dari industri dianggap memenuhi standar kualitas jika semua karakteristik kualitasnya sesuai dengan batas yang ditentukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola limbah sebelum dibuang, salah satunya dengan pengendalian kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui karakteristik kualitas limbah yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah diagram kendali Generalized Variance dan T² Hotelling, karena dapat digunakan untuk mengetahui variabilitas kualitas dan mengevaluasi kualitas dari karekteristik kualitas. Penelitian ini menggunakan data Karakteristik Limbah Cair Industri Pabrik Gula periode giling bulan Mei sampai September tahun 2023. Hasil pengendalian kualitas pada karakteristik limbah cair Industri dengan menggunakan diagram kendali Generalized Variance dapat terkendali setelah dilakukan sebanyak 8 kali perbaikan pada titik yang out of control. Selain itu, diagram kendali T² Hotelling juga menunjukkan hasil yang terkendali setelah dilakukan 1 kali pengujian. Nilai indeks kapabilitas diperoleh nilai > 1, artinya proses pengendalian kualitas pada limbah cair di pabrik Gula Pesantren Baru periode giling tahun 2023 dikatakan sudah kapabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Isnaisnahamidah01@gmail.com09010220006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorKhaulasari, Hanihani.khaulasari@uinsby.ac.id0709029102
Subjects: Lingkungan Hidup
Matematika
Statistik
Keywords: Pengandalian Kualitas; Limbah; Generalized Variance; T² Hotelling
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Isna Hamidah
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:59
Last Modified: 23 Jul 2024 00:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72017

Actions (login required)

View Item View Item