This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmatussolihah, Irkhas Tri (2024) Pengembangan media pembelajaran algebra mathematics "Almath" berbasis android untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Irkhas Tri Rahmatussolihah_06020420030 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Irkhas Tri Rahmatussolihah_06020420030 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (4MB) |
Abstract
Minat belajar menjadi komponen yang esensial dalam dunia pendidikan karena dapat memengaruhi semangat dan ketertarikan peserta didik selama pembelajaran. Salah satu faktor yang memengaruhi minat belajar adalah media pembelajaran. Pengembangan media digital menjadi alternatif dalam menarik minat belajar peserta didik. Dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran AlMath untuk meningkatkan minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan media AlMath, (2) mendeskripsikan kevalidan dari media AlMath, (3) mendeskripsikan kepraktisan dari media AlMath, dan (4) mendeskripsikan keefektifan dari media AlMath. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Media AlMath dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi berbasis Android untuk peserta didik kelas VIII SMP. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen pengumpulan data dalam bentuk lembar catatan lapangan, lembar validasi dan kepraktisan media, serta lembar angket minat belajar. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Proses pengembangan meliputi tahap define, kurikulum yang diterapkan di SMPN 2 Waru yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Guru dan peserta didik kelas VIII membutuhkan media pembelajaran untuk materi SPLDV. Tahap design, peneliti memilih alat pengembangan, merancang seluruh tampilan isi media AlMath. Tahap develop, peneliti mengembangkan aplikasi menggunakan MIT APP Inventor dan melakukan validasi kepada validator ahli. Tahap disseminate, peneliti melakukan uji coba terbatas kepada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Waru. (2) Media AlMath dinyatakan valid oleh validator dengan nilai rata-rata kevalidan 3,6. (3) Media AlMath dinyatakan praktis oleh validator dengan persentase sebesar 94,2% dan peserta didik sebesar 85%. (4) Media AlMath dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, dilihat dari hasil posttest lebih baik daripada hasil pretest dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,2 dengan kategori rendah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Minat Siswa |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; AlMath; Pengembangan; Minat Belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | IRKHAS RAHMATUSSOLIHAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72026 |
Actions (login required)
View Item |