Pengembangan media pembelajaran algebra mathematics "Almath" berbasis android untuk meningkatkan minat belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatussolihah, Irkhas Tri (2024) Pengembangan media pembelajaran algebra mathematics "Almath" berbasis android untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irkhas Tri Rahmatussolihah_06020420030 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irkhas Tri Rahmatussolihah_06020420030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Minat belajar menjadi komponen yang esensial dalam dunia pendidikan karena dapat memengaruhi semangat dan ketertarikan peserta didik selama pembelajaran. Salah satu faktor yang memengaruhi minat belajar adalah media pembelajaran. Pengembangan media digital menjadi alternatif dalam menarik minat belajar peserta didik. Dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran AlMath untuk meningkatkan minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan media AlMath, (2) mendeskripsikan kevalidan dari media AlMath, (3) mendeskripsikan kepraktisan dari media AlMath, dan (4) mendeskripsikan keefektifan dari media AlMath. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Media AlMath dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi berbasis Android untuk peserta didik kelas VIII SMP. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen pengumpulan data dalam bentuk lembar catatan lapangan, lembar validasi dan kepraktisan media, serta lembar angket minat belajar. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Proses pengembangan meliputi tahap define, kurikulum yang diterapkan di SMPN 2 Waru yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Guru dan peserta didik kelas VIII membutuhkan media pembelajaran untuk materi SPLDV. Tahap design, peneliti memilih alat pengembangan, merancang seluruh tampilan isi media AlMath. Tahap develop, peneliti mengembangkan aplikasi menggunakan MIT APP Inventor dan melakukan validasi kepada validator ahli. Tahap disseminate, peneliti melakukan uji coba terbatas kepada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Waru. (2) Media AlMath dinyatakan valid oleh validator dengan nilai rata-rata kevalidan 3,6. (3) Media AlMath dinyatakan praktis oleh validator dengan persentase sebesar 94,2% dan peserta didik sebesar 85%. (4) Media AlMath dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, dilihat dari hasil posttest lebih baik daripada hasil pretest dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,2 dengan kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatussolihah, Irkhas Triirkhastri@gmail.com06020420030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Keywords: Media pembelajaran; AlMath; Pengembangan; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: IRKHAS RAHMATUSSOLIHAH
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:46
Last Modified: 23 Jul 2024 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72026

Actions (login required)

View Item View Item