Peran zikir tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Al Aliyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Mahardika Maulana (2024) Peran zikir tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Al Aliyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahardika Maulana Aziz_E97217034 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mahardika Maulana Aziz_E97217034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Observasi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana zikir Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Al Aliyah berperan dalam meningkatkan keinginan belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang kami gunakan ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses pengelompokan data mencakup observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan partisipan utama terdiri dari guru-guru dan siswa yang aktif terlibat dalam praktik zikir tarekat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zikir Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Al Aliyah memiliki peran vital dalam meningkatkan keinginan belajar siswa melalui peningkatan konsentrasi, kestabilan emosi, dan rasa keterhubungan dengan Tuhan. Dengan demikian, zikir dalam tarekat ini memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan psikologis siswa dan meningkatkan kualitas belajar di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Mahardika Maulanamanggafaiz@gmail.comE97217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Akhlak
Minat Siswa
Tasawuf
Keywords: Zikir; Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Al Aliyah; Motivasi Belajar; Madrasah Aliyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: S1 Maulana Mahardika
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:18
Last Modified: 25 Jul 2024 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72043

Actions (login required)

View Item View Item