Perilaku keagamaan anggota komunitas Korean Popers (Kpopers) di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farhana, Aulia (2024) Perilaku keagamaan anggota komunitas Korean Popers (Kpopers) di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Farhana_E92217047 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aulia Farhana_E92217047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti tentang perilaku keagamaan dari anggota komunitas K-popers yang berada di Surabaya. Sehingga nantinya dapat mengetahui bagaimana perilaku keagamaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengambilan data observasi, wawancara serta dokumentasi. Serta dalam penelitian ini digunakan juga teori perilaku milik B. F. Skinner yang hasil analisisnya berbentuk deskriptif. Temuan yang utama yaitu walaupun mereka menyukai kebudayaan Korean pop akan tetapi mereka tidak lupa dalam menjalankan kewajiban keagamaannya. Anggota komunitas K-popers juga dapat menjadi model bagaimana hobi serta kewajiban beragamanya dapat berjalan beriringan, hal tersebut dapat terjadi karena adanya keterbukaan, komunikasi, serta dukungan yang berkelanjutan untuk mencapai keseimbangan yang harmonis antara minat (kesukaannya terhadap K-pop) dengan kewajiban beragamanya. Menurut teori B. F. Skinner Perilaku keagamaan anggota K-popers juga dipengaruhi oleh adanya berbagai bentuk penguatan serta hukuman. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi terhadap pengetahuan mengenai perilaku keagamaan anggota K-popers di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farhana, Auliaauliafarhana06@gmail.comE92217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Agama
Hubungan Masyarakat
Keywords: Perilaku keagamaan; K-popers; Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Aulia Farhana
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:41
Last Modified: 23 Jul 2024 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72044

Actions (login required)

View Item View Item