Relevansi konsep profil pelajar Pancasila dengan penafsiran tujuan pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinta, Dewi (2023) Relevansi konsep profil pelajar Pancasila dengan penafsiran tujuan pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Sinta_D01219018 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Dewi Sinta_D01219018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana visi pendidikan nasional yakni mencerdaskan generasi bangsa Indonesia kedudukan profil pelajar pancasila menjadi terjemahan tujuan pendidikan nasional. Adanya penerapan dari konsep profil pelajar pancasila ini menjadikan para peserta didik dapat lebih mengenal, memahami serta mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam menjalani kehidupannya. Penelitian ini kemudian mencari hubungan enam karakter tersebut dengan tujuan Pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan konsep profil pelajar pancasila; (2) untuk mendeskripsikan penafsiran tujuan pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab; dan (3) untuk menganalisis relevansi dari konsep profil pelajar pancasila dengan penafsiran tujuan pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode studi pustaka dan menggunakan teknik analisis isi. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari karya berupa buku Quraish Shihab dan jurnal Profil Pelajar Pancasila. sedangkan data sekundernya menggunakan literatur pendukung lainnya maupun unggahan video pada akun dakwah M. Quraish Shihab. Penelitian ini menghasilkan antara lain (1) enam karakter dalam konsep profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia; berkebhinnekaan global, gotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan kreatif; (2) empat tujuan pendidikan Islam menurut penafsiran M. Quraish Shihab yaitu tinggi taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas dan terampil, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian, dan memiliki semangat kebangsaan; dan (3) empat poin relevansi antara konsep profil pelajar pancasila dengan tujuan pendidikan Islam yairu ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, persatuan dan kebhinnekaan, gotong royong dan berbudi pekerti luhur, dan nilai kebangsaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinta, Dewidesinta1403@gmail.comD01219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Pemikiran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Profil pelajar Pancasila; tujuan pendidikan Islam; M. Quraish Shihab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Sinta
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:04
Last Modified: 25 Jul 2024 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72072

Actions (login required)

View Item View Item