Interpretasi al-Mutahharun dalam surat al-Waqi’ah ayat 79 perspektif Wahbah Zuhaili dan Muhammad Husain Thabathaba’i

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Intan (2024) Interpretasi al-Mutahharun dalam surat al-Waqi’ah ayat 79 perspektif Wahbah Zuhaili dan Muhammad Husain Thabathaba’i. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Sari_ E93217107 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Intan Sari_ E93217107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Surat al-Waqi’ah ayat 79 dijadikan dalil larangan menyentuh Alquran bagi yang berhadas. Dalam ayat tersebut terdapat perbedaan penafsiran mengenai makna al- mutahharun. Pendapat pertama mengatakan bahwa makna al- mutahharun yakni orang suci dari dua hadas. Sedangkan pendapat kedua mengatakan bahwa makna al- mutahharun merujuk pada malaikat yang berada di lauhu al-mahfuz. Dengan perbedaan penafsiran yang ada maka perlu dilakukan kajian pembahasan guna memudahkan dalam memahami Alquran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana interpretasi Al-mutahharun pada surat al-Waqi’ah ayat 79 perspektif Wahbah Zuhaili dan Muhammad Husain Thabathaba’i, serta persamaan dan perbedaan diantara keduanya dalam menafsirkan al-mutahharun pada surat al-Waqi’ah ayat 79. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan model kepustakaan atau library research. Dan menggunakan metode deskriptif analisis dengan membaca, mengumpulkan, dan menganalisis literatur. Berdasarkan hasil dari penelitian ini yakni kedua mufassir memiliki persamaan dalam menafsirakan makna al- mutahharun, keduanya sama-sama memberi arti malaikat, mereka juga mengatakan bahwa Alquran itu suci sehingga orang yang memiliki hadas, baik hadas kecil maupun besar diharuskan bersuci terlebih dahulu sebelum memegangnya, dalam hal perbedaan, Thabathaba’i memaknai al- mutahharun yakni hamba yang disucikan jiwanya oleh Allah, seperti malaikat dan dari jenis manusia (ahlu bait).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Intanis0803577@gmail.comE93217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholily, Naufalnaufalcholily@uinsby.ac.id2027048701
Subjects: Fikih
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Al-Mutahharun; Wahbah Zuhaili; Muhammad Husain Thabathaba’i
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Intan Sari
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:08
Last Modified: 26 Jul 2024 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72085

Actions (login required)

View Item View Item