Peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andreansyah, Hendy (2024) Peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hendy Andreansyah_D93217057 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hendy Andreansyah_D93217057 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peran Komite Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, Pengelolaan Srana dan Prasarana Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo dan peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Komite sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo sangat berperan penting untuk membantu pengembangan sekolah dengan berperan sebagai pemberi pertimbangan (Advisory Agency), pemberi dukungan (Supporting Agency), pengawasan (Controlling Agency) dan penghubung (Mediator). 2) Pengengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo sangat tersistem melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan dan penghapsan. 3) Komite sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo ikut terlibat dan membantu dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan sebagai Pemberi pertimbangan, ide dan saran mulai dari cara pengadaan sarana dan prasarana sampai melakukan penghapusan, memberi dukungan dalam mengelola sarana dan prasarana dengan ikut terlibat langsung dalam kepanitiaan pengadaan sarana dan prasarana, mengontrol pelaksanaan dengan melakukan pengecekan secara langsung kondisi sarana dan prasarana yang ada di sekolah dan penyalur aspirasi serta ide atau gagasan dari masyarakat saat rapat penyusunan perencanaan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andreansyah, Hendyhendyandreansyah31298@gmail.comD9321707
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnurilhudauinsa@gmail.com2027068001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Peran Komite Sekolah; Sarana dan Prasarana
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hendy Andreansyah
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:30
Last Modified: 24 Jul 2024 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72107

Actions (login required)

View Item View Item