Pengelompokan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode K-Means

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniasti, Eka (2024) Pengelompokan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode K-Means. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Yuniasti_H72217021 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eka Yuniasti_H72217021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Hasil Survey Ekonomi Nasional (SUSENAS) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2023 menunjukkan kepadatan penduduk Provinsi Jawa Timur mengalami kenaikan. Kepadatan penduduk yang tinggi dapat memiliki dampak negatif terhadap kesejahteraan masyarakat termasuk kesehatan, ekonomi, dan sosial. Oleh karena itu, butuh perencanaan dan strategi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan tingkat kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur menggunakan metode K-means dan validasi silhouette index. Data yang digunakan berasal dari Badan Pusat Statistik tahun 2023 dan terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota dengan 8 variabel yaitu tingkat pengangguran terbuka, persentase penduduk miskin, angka harapan hidup, pengeluaran per kapita, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, PDRB, dan kepadatan penduduk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang optimal terletak pada cluster 3 dengan nilai silhouette index sebesar 0.3792. Pembagian 3 cluster tingkat kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur tinggi, sedang, dan rendah. Cluster yang maju terdiri dari 10 anggota antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kota Surabaya. Cluster yang rendah terdiri dari 8 anggota antara lain Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Sumenep. Selain kota/kabupaten yang disebutkan berarti ikut cluster sedang. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengidentifikasi daerah yang memerlukan bantuan khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniasti, Ekaeka18yuni@gmail.comH72217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Kemiskinan
Masyarakat
Matematika
Statistik
Keywords: Provinsi Jawa Timur; Kesejahteraan Masyarakat; K-Means; Silhoutte Index
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: eka yuniasti sabat
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:05
Last Modified: 24 Jul 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72121

Actions (login required)

View Item View Item