Analisis kandungan mikroplastik pada ikan layang (decapterus macarellus), sedimen dan air laut di Perairan Sendang Biru Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herliastuti, Septa Anggrelia (2024) Analisis kandungan mikroplastik pada ikan layang (decapterus macarellus), sedimen dan air laut di Perairan Sendang Biru Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septa Anggrelia Herliastuti_09010420018 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Septa Anggrelia Herliastuti_09010420018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan sampah plastik saat ini banyak digunakan dan menyebabkan penumpukan sampah di lingkungan. Mikroplastik yang ada di perairan akan menyebabkan dampak bagi biota dan juga manusia yang mengkonsumsi biota tersebut. Ikan layang biru (Decapterus macarellus) merupakan salah satu biota yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan dapat terkontaminasi oleh mikroplastik. Perairan Sendang Biru, Malang merupakan daerah yang banyak digunakan untuk aktivitas wisata maupun perikanan yang berpotensi akan adanya pencemaran mikroplastik pada biota ikan, sedimen dan air laut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tipe mikroplastik, kelimpahan serta polimer mikroplastik pada ikan layang (Decapterus macarellus), sedimen dan air laut di Perairan Sedangbiru Malang. Pengambilan sampel ikan layang, sedimen dan air laut dilakukan di Perairan Sendangbiru Malang. Uji mikroplastik pada sampel ikan menggunakan larutan KOH 30%, sampel sedimen menggunakan larutan NaCl jenuh, sedangkan sampel air laut menggunakan larutan FeSO₄ dan H₂O₂. Metode yang digunakan untuk identifikasi mikroplastik menggunakan mikroskop stereo dengan perbesaran 4x dan dilakukan uji FT-IR. hasil menunjukan tipe mikroplastik yang ditemukan yaitu fragmen, granule, fiber dan film. Jumlah kelimpahan mikroplastik banyak ditemukan pada sampel sedimen yaitu 1,78 partikel/gr, sampel ikan yaitu 1,74 partikel/gr, dan sampel air laut yaitu 0,47 partikel/m³. pengujian mikroplastik pada sampel sedimen adanya polimer mikroplastik jenis Nylon, High density polythyene (HDPE), Polimer polyvinyl chloride (PVC), Polystyrene (PS), Poly(Methyl methacrylene), Polypropylene (PP), Nitrile, Polyurethane (PU) dan Polycarbonate (PC).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herliastuti, Septa Anggreliaseptaanggrelia@gmail.com09010420018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Mikroplastik; Perairan Sendang Biru; Ikan Layang; Sedimen; Air Laut
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Septa Anggrelia
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:13
Last Modified: 24 Jul 2024 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72122

Actions (login required)

View Item View Item