Analisis tingkat eco – efficiency pada proses produksi tahu dengan metode life cycle assessment di industri menengah ‘cv x’ di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamila, Nabila Shafa (2024) Analisis tingkat eco – efficiency pada proses produksi tahu dengan metode life cycle assessment di industri menengah ‘cv x’ di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Shafa Kamila09040520069.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nabila Shafa Kamila09040520069_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Konsumsi tahu yang meningkat pada tahun 2023 sebesar 2,7% dari tahun sebelumnya mendorong pertumbuhan industri tahu, namun kurangnya pengelolaan limbah menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Pabrik Tahu 'CV X' adalah salah satu industri menengah yang terletak di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, yang mampu memproduksi 732 kg kedelai per hari dengan menggunakan kayu bakar untuk memasak bubur tahu yang menghasilkan emisi gas CO2, CH4, dan N2O sehingga dapat mencemari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Life Cycle Assessment (LCA) pada produksi tahu di 'CV X' dari segi dampak lingkungan, mengukur tingkat eco-efficiency, dan memberikan rekomendasi perbaikan pada proses produksi tahu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, pengukuran langsung, dan perhitungan berdasarkan rumus IPCC untuk menghitung emisi. Data tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam perangkat lunak SimaPro 9.5.0.2 free faculty license untuk melakukan evaluasi dampak lingkungan menggunakan metode penilaian dampak Eco indicator 99 (H) dalam lingkup gate to gate. Hasil analisis diinterpretasikan untuk mengevaluasi tingkat ekoefisiensi produksi tahu mengenai dampak lingkungan yang timbul dari proses tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses produksi tahu di Pabrik Tahu ‘CV X’ per hari memiliki dampak lingkungan yang bervariasi, hasil normalisasi dampak menunjukkan nilai terbesar pada aspek human health sebesar 2,88 x 10-1, diikuti oleh resources sebesar 8,53 x 10-2, dan ecosystem quality sebesar -7,79 x 10-4. Hasil eco cost tahu per hari sebesar Rp 3.225.216,750 dengan tingkat eco-efficiency dari proses produksi sebesar 0,86 (EEI = 0-1), menunjukkan terjangkau secara ekonomis tetapi tidak ramah lingkungan. Rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan eco-efficiency meliputi peningkatan efisiensi penggunaan air pada tahap pencucian dan perendaman, serta pemanfaatan limbah proses penggumpalan untuk membuat pupuk organik cair guna meningkatkan pendapatan sekaligus mengurangi dampak lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamila, Nabila Shafanabilashf31@gmail.com09040520069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Eco-efficiency; life cycle assessment (LCA); produksi tahu; industri menengah; dampak lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nabila Shafa Kamila
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:50
Last Modified: 24 Jul 2024 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72135

Actions (login required)

View Item View Item