Implementasi hadis nabi pada aktivitas spiritual rutinan yasinan dan tahlilan di malam jum'at: studi hadis tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulinuha, Maulida (2024) Implementasi hadis nabi pada aktivitas spiritual rutinan yasinan dan tahlilan di malam jum'at: studi hadis tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulida Ulinuha_E95217062.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maulida Ulinuha_E95217062_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (7MB)

Abstract

Yasinan dan Tahlilan merupakan sebuah aktivitas dan tradisi yang biasa dilakukan oleh sebagian umat muslim yang kegiatannya sendiri terdiri dari pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an, dzikir, shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan do’a-do’a. Kegiatan membaca surah Yasin dan Tahlil yang biasa dilakukan pada malam Jum’at dilakukan sebagai salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Namun terdapat penolakan golongan Wahabi terhadap tradisi tahlilan yang membuat banyak pertentangan dengan menganggap kegiatan tersebut tidak pernah dilakukan di masa Rasulullah dan tidak ada dalilnya. Oleh karena itu, peneliti akan mencoba mencantumkan hadis-hadis yang berkaitan dan menghubungkannya dengan praktik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemaknaan hadis-hadis yang berkaitan dengan yasinan dan tahlilan pada malam Jum’at dan pandangan hadis terhadap aktivitas rutinan yasinan dan tahlilan pada malam Jum’at. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan buku sebagai sumber datanya. Sumber utama dalam penelitian ini adalah hadis-hadis dalam kitab Sunan al-Darimi, Shahih Muslim, Shahih Bukhari, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal, dan Sunan Abi Dawud yang berkaitan dengan pembacaan surah Yasin dan Tahlil pada malam Jum’at. Kemudian data hadis tersebut dianalisis menggunakan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad dan kritik matan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melakukan kegiatan yasinan dan tahlilan sebagai aktivitas rutinan yang biasa dilakukan pada hari Jum’at merupakan perbuatan yang sunnah untuk dilakukan. Meskipun secara langsung kegiatan tersebut belum pernah ada pada zaman Nabi Saw, namun makna yang terkandung dalam hadis-hadis yang dikaji dapat menjadi dalil pada penerapan aktivitas yasinan dan tahlilan pada hari Jum’at.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulinuha, Maulidamaulidaulinnuha28@gmail.comE95217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Doa dan Zikir
Hadis
Tradisi Islam
Keywords: Yasinan dan tahlilan; hadis tematik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: S.Ag. Maulida Ulinuha
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:39
Last Modified: 26 Aug 2024 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72140

Actions (login required)

View Item View Item